Laman

Kamis, 19 Oktober 2017

Hubungan Antara Tipes dan Meningitis

Tipes dan Meningitis, Tipes dan meningitis adalah nama dua penyakit tapi memiliki kesamaan, sama-sama dapat menyerang otak. Salah satunya penyebabnya itu karena infeksi bakteri. Makanan yang terkonsumsi juga tidak luput dari bakteri. Dan bahkan, makanan juga dapat menjadi penyebab hingga timbulnya penyakit ini. banyak kasus yang terjadi pada anak-anak yang berusia lima tahun lebih banyak yang menderita penyakit tersebut.


Hubungan Antara Tipes dan Meningitis

Penyakit tipes ialah penyakit yang masih berhubungan dengan gejala demam dalam jangka panjang, bisa berkisar selama tujuh hari dan bahkan sampai satu bulan lebih. Sebenarnya penyakit ini timbul dikarenakan ada suatu bakteri yaitu Salmonella Typhi, dimana virus ini dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah melalui berbagai media seperti makanan, minuman, pakaian, udara, peralatan makan dan lain sebagainya. Sehingga adanya hubungan antara tipes dan meningitis.

Kemudian bakteri yang masuk tersebut dengan melalui makanan biasanya terjadi di tahap awal akan menyerang sistem pencernaan dan di tahap selanjutnya dapat beranjak pada organ ataupun pembuluh darah. Penyakit tipes yang seperti inilah yang dapat membahayakan. Membuat pederitanya sangat menderita karena gejala dan efek yang ditimbulkan sangat mengganggu. Gejala tipes seringkali mirip dengan penyakit lainnya, hubungan antara tipes dan meningitis yang gejalanya sama-sama mengalami flu/pilek.

Berikut dibawah ini adalah efek yang ditimbulkan dari penyakit tipes:

1.Mengarah pada meningitis
Tadi kita sudah sedikit membahas hubungan antara tipes dan meningitis. dimana penyakit tipes dapat mengganggu cairan dan selaput otak yang dapat menyerang susmsum tulang belakang sehingga sistem koordinasi syaraf pusat akan terganggu, oleh sebab itu si penderita penyakit tipes terkadang emosi dan pikirannya tidak stabil. Jika seperti itu terus lama kelamaan akan mengarah pada penyakit meningitis yaitu salah satu penyakit dengan permasalahan syaraf.

2.Menimbulkan Infeksi dan Peradangan
Dalam waktu jangka panjang jika tipes dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan infeksi serta peradangan pada otot-otot vital seperti jantung, otak dan bagian lainnya sehingga jika tidak ditangani dengan segera keadaan si penderita akan semakin memburuk.

3.Terjadi Anemia
Salah satu efek yang akan ditimbulkan dari penyakit tipes adalah terjadinya kurang darah, hal ini terjadi karena adanya pendarahan Gatrointestial dengan gejala mual, muntah-muntah, pusing dan sakit perut yang parah. Untuk gejala yang umumnya itu adalah menghitamnya kotoran (Tinja). Dengan kondisi yang terus menerus seperti itu akan membuat penderita mengalami kekurangan zat besi untuk pasokan sarah merah.

4.Rusaknya Usus
Efek yang berbahaya dari penyakit tipes ini adalah rusaknya usus yang ditandai dengan usus yang berlubang, gejalanya sering mual-mual, sakit perut yang berkepanjangan dan sering munta-muntah. Pada umumnya gejala akan muncul pada minggu ke-3 jika penyakit tidak juga diobati.