Laman

Jumat, 12 Mei 2017

Konsumsi Makanan Sehat Bagi Meningitis

Konsumsi makanan sehat, Menjaga makanan yang dikonsumsi oleh pasien yang terkena radang selaput otak tentu tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Agar tidak salah memberikan asupan nutrisi yang diterima pasien, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat memberikan asupan makanan pada penderita radang selaput otak tersebut. Pada dasarnya, tidak ada yang mendapat perlakuan khusus di Rumah Sakit mengenai soal makanan yang akan dikonsumsi oleh pasien khususnya bagi penderita radang selaput otak, hanya saja ada beberapa hal yang wajib dihindari agar penderita bisa menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Konsumsi Makanan Sehat Bagi Meningitis

“Yang paling penting ialah penderita harus menjaga konsumsi makanan tetap bersih dan sehat dengan kandungan yang bermanafaat. Jika penderita radang selaput otak akibat karena penurunan imun tubuh, maka hindari makanan yang masih mentah dan konsumsi makanan sehat,” terang dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. 

Dr. Firman juga menambahkan, untuk membantu penderita radang selaput otak dalam mempercepat masa penyembuhan, pasien juga dapat konsumsi makanan sehat dan vitamin atau suplemen lainnya. “Vitamin atau suplemen yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pasien bisa diberikan, ini memang akan sangat membantu proses penyembuhan pasien. Tetapi sudah tentu harus dengan pengawasan dokter yang menangani, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ternyata, selain dengan melakukan vaksin ataupun pemberian vitamin dan suplemen, diketahui juga ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu pengobatan meningitis, seperti ini:

1. Asam Lemak Omega-3  

Maryland Medical Center menerangkan, makanan yang mengandung kaya akan kandungan asam lemak omega-3 bisa membantu untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis. Selain itu, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh pada penderita.

Asam lemak omega-3 yang mengandung lemak tidak jenuh ganda itu sangat penting sekali untuk otak dan juga berfungsi untuk dapat mengurangi peradangan. Asam lemak omega-3 juga dapat Anda temukan di beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon dan halibut yang juga  memiliki kandungan asam lemak esensial.

Untuk beberapa jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada biji rami, walnut, kedelai, biji labu dan minyak yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Probiotik
  
Yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu untuk mengurangi masalah pencernaan yang sering sekali terjadi pada mereka yang menderita meningitis.

Probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu untuk melawan infeksi meningitis. Probiotik juga mengandung strain bakteri alami sehat yang terdapat dalam perut Anda.

Selain yogurt, makanan lain yang juga mengandung probiotik terdapat pada susu dan keju yaitu diperoleh dari Tempe, yang merupakan produk kedelai yang mengandung bakteri sehat, dan miso efektif lainnya juga merupakan sumber probiotik.

3. Fitokimia

Estrogen tanaman atau fitokimia seperti genistein. Dimana genistein juga dapat menghambat aktivitas kimia yang masih ada hubungannya dengan meningitis, menurut Life Extension Foundation. Genistein adalah isoflavon dan fitoestrogen yang bermanfaat untuk mengurangi keparahan gejala dan juga dapat memainkan peran dalam melakukan pencegahan meningitis.

Genistein dapat di temukan pada kedelai dan makanan yang terbuat dengan protein kedelai. Makanan yang dibuat dari kedelai seperti Susu kedelai, tempe, tahu dan miso itu semua merupakan sumber genistein yang efektif.

4. Vitamin C  

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C itu sangat bermanfaat karna dapat melindungi penderita terhadap komplikasi serius jika terkena meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Sifat antioksidan dan vitamin yang terkandung pada makanan yang kaya akan kandungan vitamin C juga dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga sangat membatu untuk kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan mengobati meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Sumber makanan yang efektif mengandung vitamin C selain didapati pada buah jeruk juga dapat ditemukan pada tomat, jambu biji, cantaloupe, strawberry, paprika merah mentah, brokoli dan kiwi.

Pada intinya bahwa kunci utama untuk melawan meningitis adalah kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, maka virus ataupun bakteri yang ada tidak akan membuat Anda sakit.