Laman

Kamis, 03 Mei 2018

Vaksinasi Meningitis Penting Bagi Jamaah Haji Umroh

Vaksinasi Meningitis Penting – Berangkat ke Tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh serta menjalankan serangkaian perjalanan ibadah, tentu saja hal itu sangat melelahkan sekali, kesehatan kita pun akan terganggu jika kita tidak melakukan suntik vaksin meningitis. Maka dari itu, sangat diperlukan sekali untuk melakukan suntik vaksin meningitis. Selain berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita juga mencegah yang namanya penularan penyakit seperti radang otak antar jamaah. Namun, bagi jamaah haji maupun umroh melakukan suntik vaksin meningitis merupakan salah satu syarat penting ketika akan menunaikan ibadah ke Tanah suci. Untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vaksinasi mungkin akan sangat lekat sekali pada bayi dan balita.

Vaksinasi Meningitis Penting Bagi Jamaah Haji Umroh

Suntik vaksin meningitis adalah salah satu syarat yang sangat diperlukan ketika akan melaksanakan ibadah haji dan umroh, agar mendapatkan visa umroh atau visa kunjungan ke Saudi Arabia. Vaksinasi meningitis penting sehingga disyaratkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi ketika akan menunaikan haji maupun umroh. Mengapa demikian? Sebab Arab Saudi termasuk salah satu tempat endemik bagi penyebaran virus penyebab terjadinya penyakit meningitis. Adapun peringatan langsung dari WHO, Arab Saudi memang telah dinyatakan sebagai negara endemik virus meningitis. virus meningitis ini juga dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Meningitis adalah penyakit yang sangat membahayakan dan dapat mematikan. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi menuar yang mernyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Kalau penyakit meningitis ini tidak segera diobati dengan baik maka akan berakibatkan fatal yaitu kematian. Kalau pun di obati ada kemungkin untuk bisa sembuh akan tetapi pada umumnya menyebabkan kecacatan. Kebanyakan kasus meningitis yang ada di Indonesia ini disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, jamur, bakteri dan sejenisnya yang menyebar dalam darah kemudian ke cairan otak. Penyebaran penyakit ini dapat melalui udara dan pemakaian suatu alat atau makanan secara berbarengan. Oleh sebab itulah, vaksinasi meningitis penting bagi kita yang hendak menunaikan ibadah haji atau umroh serta kunjungan lainnya ke luar negeri.

Hal-hal itulah yang membuat jamaah haji dan umroh Indonesia dianjurkan untuk melakukan vaksanasi meningitis meningokokus (MM) sebelum berkunjung ke Araba Saudi, begitulah vaksinasi meningitis penting bagi kita semua. Hal itulah sebagai bentuk antisipasi, mengingat Arab Saudi merupakan salah satu wilayah dengan penyebaran kasus MM yang sangat tinggi.

Direktur Jenderal Kesahatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakni Agung Sugihantono menuturkan, bahwa bakteri penyebab meningitis jarang sekali ditemukan di Indonesia. Sehingga, vaksinasi meningitis penting dan menjadi langkah yang tepat untuk dapat melindungi jamaah dari penyakit tersebut. “Bakteri penyebab penyakit meningitis meningokokus sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia ini, maka dari itu orang Indonesia tidak memiliki bakteri Nesseria Meningitides yang dapat menjalar pada selaput otak dan syaraf tulang belakang. Infeksi ini juga dapat merusak otak dan syaraf, sehingga seringkali berujung fatal.

Dan bahkan, Pemerintah Arab Saudi mewajibkan bagi siapa saja terutama jamaah haji dan umroh yang akan berkunjung ke negara, dibuktikan dengan buku Internetional Certificate of Vaccinati (ICV) Meningitis meningokokus yang menjadi salah satu syarat untuk pengajuan visa, termasuk bagi jamaah haji dan umroh.

Kemenkes RI menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada agar mendapatkan pelayanan vaksinasi meningitis meningokokus di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dan rumah sakit  yang telah ditunjuk oleh Menteri Kesehatan.