Laman

Kamis, 15 Maret 2018

Penyembuhan radang otak meningitis Dengan Cara Ini

Penyembuhan Radang Otak MeningitisRadang otak atau biasa dikenal di dalam ilmu kedokteran dikenal dengan meningitis adalah terjadinya peradangan pada selaput-selaput otak yang disebut dengan meningen, di mana dia mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Radang otak sangat berbahaya sekali dan penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian. Disebabkan dari virus dan bakteri. Bisa juga karena organisme lainnya dan beberapa jenis obat-obatan. Akan tetapi, virus dan bakteri itu adalah penyebab yang paling umum. Dan radang otak dapat menular dimana kuman penyebab terjadinya gangguan ini dapat bepindah dari satu organ ke organ lainnya. Bisa juga melalui batuk maupun bersin atau kontak lainnya.

Penyembuhan radang otak meningitis Dengan Cara Ini

Meningitis juga dapat disebabkan oleh beraneka macam mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur atau parasit lainnya yang dapat menyebar ke dalam darah menuju cairan otak. Selain itu, meningitis dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit lainnya yang dapat memicu terjadinya peradangan dari jaringan-jaringan tubuh tanpa infeksi, seperti kanker atau karena luka fisik dan obat-obatan tertentu. Namun, dengan kondisi yang seperti itu masih banyak orang yang belum mengetahui cara penyembuhan radang otak meningitis.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri lebih berbahaya jika dibandingkan dengan virus. Bakteri lebih sulit untuk penyembuhan radang otak meningitis ini. Sebab, bakteri lebih cepat menyebarnya ke seluruh otak sehingga seringkali terlambat penanganannya. Bakteri ini merupakan pneumokokus yang dapat mengakibatkan kematian khususnya pada usia anak-anak. Bakteri pneumokokus memang dapat hidup dan diam di tenggorokan 10 persen orang sehat, baik itu bayi, balita dan individu dewasa.

Seseorang dapat melakukan penyembuhan radang otak meningitis dengan melakukan pengobatan yang tepat. Hal itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, memerlukan kesabaran selama menjalankan pengobatan agar dapat sehat kembali. Tentu hal itu pasti ada tindakan-tindakan tertentu yang harus dijalani dan dituruti. Jika seseorang yang menderita radang otak meningitis tidak segera melakukan penyembuhan maka radang otak tidak dapat sembuh secara sempurna.

Selain tidak sempurna, dikhawatirkan akan menyebabkan otak menjadi rusak. Biasanya penderita radang orak meningitis yang telah mencapai tingkat para sehingga harus ditempatkan di ruang khusus. Penderita meningitis yang otaknya telah rusak biasanya akan mengalami tingka halusinasi yang sangat tinggi dan indera penglihatan dan pengeran pun sudah mulai berkurang. Sehingga, tingkat penyembuhan radang otak meningitis yang telah rusak otaknya akan semakin kecil.

•Gejala Radang Otak Meningitis
Ketua Persatuan Dokter Saraf Seluruh Indonesia (Perdossi) yakni Prof. Dr. dr. Haan Machfoed, SpS (K), MS menjelaskan, bahwa gejala awal yang seringkali muncul dan tidak disadari adalah kaku kuduk. Pada saat dalam kondisi yang seperti itu, leher tidak dapat ditekuk. Sehingga, dagu pun tidak bisa ke dada. Selain itu juga ada beberapa gejala meningitis lainnya, seperti:
1.Demam, pada tangan dan kaki terasa dingin
2.Muntah-muntah, sehingga selalu saja menolak makan karena tidak nafsu makan
3.Nyeri otot
4.Mengantuk, kurang responsive
5.Napas cepat
6.Kulit pucat
7.Ruam pada kulit dan tidak memudar meski ditekan
8.Menangis dan merintih
9.Badan tegang dan terasa kaku
10.Tidak menyukai cahaya dan suara keras
11.Kejang-kejang

•Cara Penyembuhan Radang otak Meningitis
Penyebab terjadinya radang otak ini bermacam-macam, pada awalnya terjadi hanya berupa radang otak ringan namun jika tidak tidak dilakukan penyembuhan maka radang otak akan semakin membahayakan tubuh penderita. Penyebab terjadinya radang otak yang paling sering terjadi yaitu faktor genetik. Jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit radang otak meningitis ini maka harus waspada sebab kemungkinan untuk terkenanya penyakit radang otak meningitis melalui faktor genetik ini sangat besar sekali.

Seseorang meningitis harus segera melakukan vakin yang khusus agar dapat mencegah terjadinya radang otak meningitis. Pola hidup dan konsumsi makanan yang tidak sehat juga meruaakan dari salah satu penyebab radang otak meningitis. Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan radang otak semakin parah jika tidak segera dilakukan penyembuhan.

Pengobatan umum untuk penyembuhan meningitis adalah dengan pengaplikasian secara cepat dari antibiotik dan obat, terkadang antivirus. Dalam beberapa situasi seperti itu, obat kortiksteroid juga dapat digunakan untuk dapat mencegah komplikasi dari peradangan yang terjadi secara aktif. Ini disebabkan radang otak meningitis dapat menyebabkan konsekuensi serius dalam jangka panjang, seperti epilepsi, kognitif, defisit dan hidrosefalus, terutama jika tidak ditangani dengan segera.

Pemberian antibiotik dengan cara infu adalah yang cukup baik yang dapat dilakukan dan digunakan untuk mengurangi atau menghindari terjadinya resiko komplikasi. Antibiotik yang diberikan pun tergantung dari jenis bakteri yang ditemukan dari hasil pemeriksaan intensive. Adapula beberapa antibiotik yang memang telah diresepkan oleh dokter pada kasus meningitis yang disebabkan oleh bakteri tertentu.