Laman

Senin, 30 April 2018

Cegah meningitis Cara Praktis yang Efektif

Cegah meningitismeningitis merupakan suatu penyakit yang sangat membahayakan sekali. panyakit ini kerap kali muncul tanpa disadari oleh orang tersebut. Sebab penyakit ini memiliki gejala yang sifatnya sangat umum. Sehingga, baru dapat terdeteksi saat kondisi pasien yang mengalami penyakit tersebut sudah dalam keadaan yang cucukup mengkhawatirkan. Meningitis sebenarnya sudah seeringkali dibicarakan. Selain itu, penyakit ini juga pernah ramai dibicarakan saat mewabah di antara jamaah haji yang berada di Arab Saudi pada tahun 2000 dimana ketika itu ada 14 jamaah haji Indonesia yang terjangkit oleh penyakit berbahaya ini sehingga menimbulkan kematian pada 6 orang diantaranya. Lalu, apa sih meningitis itu?

Cegah meningitis Cara Praktis yang Efektif

Cegah meningitis
Otak adalah organ yang paling inti dan penting serta berharga, sehingga sang pencipta melindungi otak dengan beberapa lapisan. Pelindung otak yang dimulai dari rambut, kulit kepala yang begitu tebal, tulang dan selaput pelindung otak yang biasa disebut dengan meninges. Sebenarnya banyak cara untuk dapat cegah meningitis agar tidak menjadi bahaya.

Meninges itu sendiri adalah jaringan ikat pelindung otak dan susuan saraf pusat yang mirip sekali dengan susunan periosteum yang melindungi tulang, pericardium yang melindungi jantung atau pleura yang melindungi paru-paru. Lapisan-lapisan tersebut diciptakan tuhan untuk dapat melindungi organ penting kita dari gesekan dan benturan. Lapisan ini juga akan membentuk kantong yang berisi dengan cairan yang akan bekerja sebagai bantalan. Adapun cegah meningitis cara praktis yang dapat kita ikuti.

Menurut dari dr, Sepriani Trimurtini Limbong mengatakan, bahwa meningitis adalah radang selaput otak yang terjadi akibat terdapatnya infeksi virus, bakteri atau jamur. Dalam keadaan yang seperti ini biasanya lebih sering menimpa pada bayi, anak dan usia lanjut, meski tak dapat meutup kemungkinan bisa menyerang kepada semua golongan usia.

Gejala Meningitis
Penyakit meningitis dapat memberikan gejala yang sangat bervariasi, tergantung pada usia yang menderita penyakit tersebut.

Gejala Meningitis pada anak dan orang dewasa
Jika terjadi pada anak yang berusia 2 tahun dan orang dewasa, gejala meningitis yanb ditimbulkan dapat berupa demam, sakit kepala, kaku leher dan penurunan kesadaran.

Demam dapat terjadi secara tiba-tiba, dengan suhu yang mencapai 40º Celsius. Dalam kondisi yang seperti ini biasanya diikuti dengan hadirnya sakit kepala dan kaku di leher, yang dapat membuat penderita sulit untuk menundukkan kepala. kemudian, kondisi yang sudah terlanjur parah, maka penderita meningitis pun dapat mengalami penurunan kesadaran, misalnya saja ia bicara ini itu hingga tak sadarkan diri. Dari tak sadarkan diri itu, meningitis juga dapat menyebabkan terjadinya keluhan pada tubuh yang terasa lemas, ruam merah pada kulit,sensitive terhadap cahaya terang, muntah-muntah dan kejang.

Gejala Meningitis Pada Bayi
Gejala meningitis yang terjadi pada bayi akan terlihat tidak khas, biasanya itu gejaa yang timbul seperti demam, bayi tampak lebih rewel dari biasanya, dan tidak mau makan juga menyusui. Di samping itu pula, bayi yang seringkali menangis dengan suara yang tinggi atau menjerit, tampak sangat lemas sekali dan mengantuk disertai dengan kejang-kejang. Pada bayi yang ubun-ubunnya masih terbuka dan lunak, tampak terlihat kepala seperti menonjol dan keras.

Akibat Meningitis Tidak Diobati
Meningitis yang yang dialami oleh seseorang dan terjadi secara berkelanjutan atau tidak mendapatkan penaganan yang tepat aka menimbulkan sejumlah komplikasi. Berikut dibawah ini beberapa diantaranya:
-Kehilangan pendengaran dan penglihatan, baik itu sbeagian maupun secara keseluruhannya.
-Konsenrasi atau daya ingatnya agak terganggu, terkadang hinga menyebabkan lumpuh otak
-Badan terasa lemas yang terus menerus
-Gangguan berbicara, kesimbangan dan koordinasi tubuh
-Tibulnya jaringan mati seperti pada diabetes (gangrene)
-Kematian

        
Mencegah adalah suatu prilaku atau tindakan yang lebih vaik daripada mengobati. Meski, sangat berbahaya dan dapat merenggut nyawa seseorang. Namun, tak perlu khawatir sebab penyakit ini dapat dicegah. Berikut dibawah ini adalah tips yang dapat Anda lakukan:

1.Cuci tangan secara berkala
Meningitis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Oleh sebab itu, cara yang terbaik untuk dapat mencegah kejadian pada penyakit ini adalah dengan memastikan bahwa tangan harus selalu dalam kondisi yang bersih setiap saat. Dan Anda sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, khususnya sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, selesai beraktifitas dan sebelum menyentuh hidung, mulut dan mata.

2.Tidak bertukar pakai alat-alat pribadi
Hindarilah melakukan pertukaran pakai peralatan pribadi, seperti sendok, garpu, gelas, sikat gigi, handuk, alat cukur dan lain sebagainya. Meskipun dengan anggota keluarga sendiri, namun hal itu tetap harus dilakukan. Dan kalaupun Anda ingin demikian, pastikan Anda membersihkan alat-alat tersebut dengan seksama sebelum digunakan.

3.Pastikan rumah selalu bersih
Jagalah kebersihan rumah secara menyeluruh, bauk pada setiap sudut rumah, kolong, maupu atap rumah. Pastikan juga rumah Anda itu terbebas dari hewan yang dapat menularkan, seperti kecoa, lalat dan tikus.

4.Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang
Pastikan kebutuhan gizi yang harus dimiliki oleh Anda sealu terpenuhi dengan baik. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang pada setiap harinya. Hal ini dilakukan dengan tu          juan agar daya tahan tubuh Anda tetap dalam keadaan yang optimal. Sehinggam bakteri, virus maupun jamur sekaligus yang berbahaya tidak mudah menginfeksi pada seseorang.

5.Vaksanasi sejak dini
Anda dapat melakukan vaksin HiB atau Haemophillus influenza tipe B sejak dini. Vaksin HiB itu deberikan kepada anak di usia 2, 3 dan 4 bulan, kemudian diulang kembali pada saat usia 18 bulan.

Ingatlah bahwa penyakit meningitis alias radang selaput otak merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang dapat merenggut nyawa seseoranh yang menderitanya . lakukanlah tips diataas untuk dapat mencegah penyakit ini. Bila beberapa hari belakangan Anda merasa mengalami gejala yang mengarah pada penyakit meningitis. Anda juga harus segera berobat ke dokter, jangan sampai ragu. Se makin lebih dini dideteksi dan diobati, kemungkinan untuk sembuh dari penyakit mematikan itu akan semakin lebih tingi.