Laman

Sabtu, 18 November 2017

Mengenal Fakta-fakta Mengenai Penyakit Meningitis

Fakta-fakta Meningitis, penyakit meningitis adalah radang pada cairan dan selaput yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis ini biasa diakibatkan oleh tiga jenis agen infeksi. Dimana infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Secara definisninya, meningitis adalah peradangan yang disebut dengan meninges, yang dimaksud dengan meninges itu sendiri adalah nama kolektif untuk tiga membrane yang selaput otak dan sumsum tulang belakang yang merupakan sistem saraf pusat, yang disebut dengan durameter, arachnoid dan piameter. Fungsi utama dari meninges selain sebagai cairan serebrospinal adalah sebagai pelindung sistem saraf pusat.

Mengenal Fakta-fakta Mengenai Penyakit Meningitis

Kata dari “Meningitis” itu merupakan kata yang berasal dari kata Latin yakni “Meninga” dan kata Yunani yang berarti Menix “membrane” pada akhirannya “itis” berasal dari kata Yunani yang berarti “berkaitan dengan”. Kalau dalam bahasa Inggris medisnya itu, akhiran “itis” yang berarti “peradangan.” Mari mengenal fakta-fakta meningitis.

Pada umumnya meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, parasit dan organisme tertentu. Sistem kekebalan tubuh yang lemah atau Cacat anatomis dapat dikaitkan dengan meningitis bakteri yang berulang. Fakta-fakta meningitis untuk sebagian besar kasus penyebabnya itu adalah virus. Namun, beberapa penyebab non-infeksi meningitis juga ada. Para peneliti yang ada di University of Oxford dan Imperial College London, Inggris, menunjukkan bahwa bagaimana bakteri yang menyebabkan meningitis bakteri dengan meniru sel manusia untuk dapat menghindari sistem kekebalan tubuh bawaan tubuh.

1.Viral Meningitis
Meskipun meningitis viral merupakan yang paling umum, akan tetapi jarang mengakibatkan infeksi serius, hal ini dapat disebabkan oleh adanya sejumlah virus yang berbeda, misalnya seperti virus nyamuk. Untuk jenis meningitis tidak memiliki pengobatan yang khusus. Sebagian besar dalam kasus penyakit itu sembuh sendiri dalam waktu seminggu tanpa adanya komplikasi.

2.Bakteri Meningitis
Meningitis bakteri pada umumnya itu infeksi serius. Dalam hal ini disebabkan oleh tiga jenis bakteri yakni Haemophillus Influenzae tipe b, Neisseria meningitidis dan bakteri Streptococcus Pneumoniae. Meningitis yang disebabkan oleh Neisseria Meningitis biasa dikenal sebagai meningitis meningokokus. Sedangkan untuk meningitis yang disebabkan oleh Streptococcus Pneumoniae biasa dikenal sebagai meningitis pneumokokus. Seseorang menjadi terserang infeksi ketika mereka sedang dalam berada kontak yang berdekatan dengan discharge dari hidung atau tenggorokan dari orang yang terkena infeksi.

Pada saat dua puluh tahun yang lalu Hib sebagai penyebab itama meningitis bakteri. Namun, saat ini sudah tidak lagi, karena sudah adanya vaksin baru yang secara rutin diberikan kepada anak-anak. Dokter juga perlu mengetahui apa jenis meningitis yang telah menginfeksi pasien. Dengan antibiotik tertentu biasanya dapat menghentikan beberapa jenis dari menginfeksi orang lain.

A.Meningitis bakteri pada bayi baru lahir dan bayi prematur

Suatu jenis streptokokus yang biasa disebut dengan kelompok B streptokokus biasanya itu mendiami vagina dan merupakan penyebab umum meningitis pada bayi yang lahir dengan prematur dan bayi yang baru lahir selama minggu pertama kehidupan. Escherichia coli sebagai penghuni saluran pencernaan, juga dapat menyebabkan meningitis antara bayi yang baru lahir. Meningitis yang terjadi selama epidemic itu dapat mempengaruhi bayi yang baru lahir. Yang paling umumnya itu adalah Listeria Monocytogenes.

B.Meningitis bakteri pada anak dibawah 5

Bagi anak-anak yang masih berusia dibawah lima tahun di negara-negara yang tidak menawarkan vaksin pada umumnya akan terinfeksi oleh Haemophilus Influenzae tipe B.

C.Meningitis bakteri pada anak-anak yang lebih tua

Pada umumnya anak-anak yang lebih tua itu memiliki meningitis disebabkan oleh Neisseria Meningitides (meningococcus) dan Streptococcus Pneumoniae dengan serotype 6, 9, 14, 18 dan 23.

D.Meningitis bakteri pada orang dewasa

Perkiraan ada sekitar 80% dari semua orang dewasa meningitis disebabkan oleh Neisseria Meningitides dan Stretococcus Pneumnoniae. Seseorang yang usianya itu lebih dari 50 tahun memiliki peningkatan risiko mengitis yang disebabkan oleh L. Monocytigenes. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat berisiko tinggi terkena infeksi staphylococcus dan pseudomonas.

Meningitis dan infeksi telinga dan proedur bakteri itu jarang, otitis media, mastoiditis atau infeksi ke daerah kepala atau leher dapat menyebabkan penyakit meningitis. oran-orang yang telah menerima implant koklea menjalankan risiko lebih tinggi lagi terkena meningitis pneumokokus. Bagi anak-anak yang terserang gangguan pendengaran itu berat lima kali itu lebih mungkin untuk kontrak meningitis.

Di negara-negara di mana meningitis TB itu adalah umum, ada insiden yang lebih tinggi dari meningitis yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Pada gangguan sistem kekebalan tubuh atau cacat anatomis dapat dikaitkan dengan meningitis bakteri berulang. Cacat anatomis dapat memungkinkan cara untuk menembus ke dalam sistem saraf dari lingkungan ekternal

Cacat anatomi ini yang paling umum dapat menyebabkan meningitis adalah patah tulang tengkorak, terutama ketika fraktur terjadi di dasar otak atau meluas terhadap sinus dan piramida petrosa. Sudah ada 59% kasus meningitis berulang yang disebabkan oleh kelainan anatomi, sedangkan untuk 36% itu adalah disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah.