Laman

Rabu, 29 November 2017

Pantangan Makanan Meningitis yang Harus Dihindari

Pantangan Makanan Meningitis – Penyakit radang selaput otak atau biasa dikenal dengan sebutan meningitis dapat mengancam nyawa dan sudah banyak merenggut nyawa pada seseorang. Awal yang dialami oleh penderita saat tidak ditangani dapat terjadi pembengkakan otak, kecacatan tetap, koma dan berakhir dengan kematian. Meningitis dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti bakteri (ini yang paling bahaya), virus, jamur, reaksi karena obat-obatan atau keracunan logam tertentu. Oleh sebab itu, menjaga makanan pada pasien juga harus terjaga dan tidak boleh konsumsi makanan sembarangan. Agar tidak salah dalam memberikan asupan nutrisi, Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memberikan asupan makanan pada penderita radang selaput otak atau meningitis.

Pantangan Makanan Meningitis yang Harus Dihindari

Pada dasarnya, tidak ada perlakuan khusus mengenai soal makanan yang akan dikonsumsi oleh pasien dengan meningitis, hanya saja ada beberapa hal yang harus pasien hindari agar dapat menyerap nutrisi makanan. Yang terpenting adalah menjaga konsumsi makanan sehat dan bersih. Jika penderita meningitis akibat dari penurunan imun tubuh, maka hindari makanan-makanan mentah dan perlu mengetahui pantangan makanan meningitis untuk berjaga-jaga agar kondisi tubuh selalu membaik meski meningitis.

Dari makanan yang sehatlah tubuh kita akan mendapatkan asupan gizi dan nutrisi. Dengan demikian, bagi penderita meningitis harus lebih selektif lagi dalam mengkonsumsi makanan yang masuk dalam tubuh. Kenapa begitu? Karena ada beberapa pantangan makanan meningitis. hal ini dikarenakan jika penderita meningitis mengkonsumsi makanan yang dipantang, sangat dkhawatirkan gejala yang sudah ada justru akan bertambah buruk.

Untuk dapat mencegah kondisi yang memburuk, alangkah baiknya bagi penderita meningitis menjauhi makanan yang memang telah dilarang untuk dikonsumsi. Lalu, apa sajakah makanan yang dipantang atau dilarang bagi penderita meningitis? Dan inilah beberapa minuman serta makanan yang harus di hindari oleh penderita meningitis.

1.Minuman Berkarbonasi
Minuman ini selain memiliki kadar gula yang sangat tinggi memiliki sifat karsinogen yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Dimana minuman berkarbonasi seperti minuman penambah energi, soda dan sejenisnya.

2.Makanan Cepat Saji
Kini sudah banyak makanan cepat saji yang beredar dimana-mana, dengan maksud untuk memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas padat untuk mendapatkan makanan dengan cara instant. Akan tetapi, justru hal itu sangat tidak baik untuk dikonsumsi apalagi bagi mereka penderita meningitis sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sejenis ini. karena makanan tersebut dapat mempengaruhi meningitis yang Anda derita.

3.Makanan Mentah
Bagi penderita meningitis harus mengolah makanannya dengan baik dan benar. Hindari makanan mentah atau setengah matang, seperti sushi. Bakteri yang terdapat didalamnya dapat memperburuk meningitis Anda.

4.Alkohol
Dalam bentuk apapun itu, baik jenis minuman seperti wine, tuak, bird dan jenis lainnya, maupun yang terkandung dalam makanan seperti anggur, durian, tape dan makanan lainnya, alkohol tidak boleh juga dikonsumsi oleh penderita meningitis. sebab alkohol dapat mempengaruhi meningitis, juga dapat merusak sel syaraf dalam tubuh.

5.Makanan Berpengawet
Apapun jenis makanannya, baik itu makanan dalam kemasan kaleng seperti sarden, korned, buah, sayuran kemasan dan lainnya, serta snack yang merupakan makanan ringan, daging olahan seperti sosis dan makanan atau minuman lainnya yang mengandung bahan pengawet kimia, itu semua adalah pantangan bagi penderita meningitis.

6.Makanan Pemicu Alergi
Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap makanan-makanan yang tertentu, misalnya seperti seafood, telur dan daging-dagingan, maka sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

Itulah beberapa pantangan makanan meningitis yang harus dihindari oleh penderita meningitis. Bagi yang tidak memiliki penyakit ini atau sehat-sehat saja juga dapat menghindari makanan tersebut agar kesehatan dalam diri tetap terjaga. Yang terpenting adalah selalu memastikan makanan yang Anda oleh atau konsumsi sudah benar-benar bersih, sehat, bergizi dan kaya akan vitamin.