Laman

Jumat, 28 April 2017

Mengenal Meningitis Secara Singkat

Apa itu Meningitis?

Mengenal meningitis secara singkat, yang dimaksud dengan meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika sudah meradang, meninges akan membengkak karena infeksi yang terjadi. Ada tiga gejala meningitis yang wajib diwaspadai yaitu demam, sakit kepala, muntah-muntah dan leher terasa kaku.



Mengenal Meningitis Secara Singkat


Apakah meninges?

Meninges adalah system membran yang melapisi system saraf pusat. Meninges tersusun 3 lapisan jaringan ikat. Mengenal meningitis secara singkat. Mereka terdiri dari piamater (yang terdekat ke organ-organ sistem saraf pusat), arachnoid dan duramater (yang jaraknya terjauh dari otak dan sumsum tulang belakang).

Mereka juga termasuk dalam kategori pembuluh darah dan berisi Cairan serebrospinal. Ini merupakan struktur yang terlibat dalam meningitis, peradangan meninges yang terjadi sampai parah kemungkinan akan menjadi ensefalitis, radang otak. Mengenal meningitis dengan singkat, meski hanya singkat, namun banyak manfaatnya yang akan kita tahu.

Gejala meningitis

Gejala meningitis pada umumnya diwujudkan oleh:
•sakit kepala yang dahsyat
•mengalami muntah
demam yang tinggi
kaku pada leher
•sensitivitas dan mata sakit pada paparan cahaya yang masuk
ruam kulit

Gejala meningitis juga dapat berbeda-beda yang dialami oleh anak-anak dan bayi.

Jenis meningitis

Meningitis disebabkan karena adanya bakteri dan virus dan kedua jenis itu memiliki beberapa fitur yang khas. Penyakit meningococcal dapat menular yang juga dapat menyebabkan kematian pada anak usia dini.

Bakteri meningitis

Jenis Bakteri meningitis sangat serius dan harus diperlakukan sebagai darurat medis. Diobati juga mungkin menyebabkan kerusakan pada otak yang parah dan dapat menginfeksi darah yang menyebabkan septicimeia. Bakteri yang dapat menularkan paling umum adalah bakteri meningitidis Neisseria.

Pada tahun 2008 dan 2009 di Inggris dan Wales melihat kasus sebanyak 1.166 meningitis karena bakteri ini. Namun, dengan melakukan vaksinasi sukses dalam melawan bakteri ini yang juga dikenal sebagai meningococcal bakteri jumlah kasus telah menurun. Namun, yang ada saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah meningococcal Grup B penyakit, yang merupakan penyebab yang paling umum bakteri meningitis yanag terdapat di Inggris.

Meningitis bakteri yang paling umum pada anak-anak berada di bawah usia lima tahun dan sering hidup dan juga mengancam keselamatan pada bayi di bawah usia satu. Hal ini juga umum di kalangan remaja yang berusia 15-19 tahun. Dari seluruh kasus yang  yang telah ditemukan ada sekitar 15% adalah bakteri meningitis dan 25% mungkin dapat terwujud dengan septicaemia. 60% Dari kasus keduanya tersebut bisa hadir secara bersamaaan.

Meningitis virus

Virus meningitis adalah lebih umum akan tetapi kurang parah jenis meningitis. Jumlah kasus yang ada sulit untuk memperkirakan karena gejala yang tampak mirip dengan serangan flu. Virus meningitis sangat umum pada anak-anak dan lebih luas selama musim panas berlangsung.

Siapa yang mendapat meningitis?

Meningitis dapat menyerang kepada siapa saja dari semua kelompok umur. Bayi dan anak-anak, remaja dan orang tua yang beresiko tinggi. Virus meningitis merupakan penyebab yang paling umum dari kondisi. Setiap tahunnya kurang lebih ada sekitar 2.500 kasus bakteri meningitis, dan sudah hampir 5.000 kasus virus meningitis yang telah ditemukan, yang sudah pernah terjadi di Inggris.

Orang-orang yang paling beresiko tinggi terkena meningitis antara lain yaitu :

•mereka yang memiliki pleuroperitoneal CSF yang ditempatkan dalam otak mereka untuk patologi lain
•orang-orang yang cacat
•menggunakan prosedur tulang belakang (misalnya tulang belakang anestesi)
•penderita penyakit diabetes
•mereka yang memiliki bakteri Endokarditis
•alkoholisme dan hati sirosis
•penyalahgunaan narkoba suntikan yang digunakan
•penyakit ginjal
•cystic fibrosis
•Thalassemia
•splenectomy
•hipoparatiroidisme
•sabit cell penyakit
•dan lain sebagainya

Berkumpul dengan orang yang jumlahnya banyak (misalnya saat berada di sekolah, merekrut militer dan mahasiswa dan di tempat lainnya) dapat menimbulkan risiko meningitis.

Prognosis atau hasil

Meningitis virus biasanya akan membaik dalam beberapa minggu tetapi bakteri meningitis butuh pengobatan yang agresif. Bakteri meningitis perlu diobati dengan menggunakan antibiotik, ke rumah sakit dan bahkan masuk ke unit perawatan yang lebih intensif.

Penyakit Meningococcal (kombinasi antara meningitis dan septicaemia) dapat menyebabkan kematian dalam sekitar 10 kasus. Meskipun obat yang diberikan anak kemungkinan akan terus mengembangkan komplikasi, seperti pendengaran, setelah bakteri meningitis. Pencegahannya hingga saat ini adalah lengkap vaksinasi terhadap infeksi.