Laman

Jumat, 05 Mei 2017

Tanda-tanda Meningitis Pada Bayi

Tanda-tanda meningitis pada bayi, Meningitis dan septikemia dapat dialami oleh setiap bayi dan ada juga peningkatan risiko untuk bayi yang baru lahir, karena pada sistem kekebalan tubuhnya yang belum sepenuhnya berkembang dengan sempurna. Dengan begitu sebaiknya perlu diperhatikan oleh setiap Ibu akan gejala serius pada penyakit yang dapat menyerang bayi Anda dan memastikan gejala tersebut itu bukan flu biasa.

Tanda-tanda Meningitis Pada Bayi

Meningitis adalah peradangan pada selaput pelindung saraf otak dan tulang belakang yang biasa dikenal sebagai meninges. Peradangan itu terjadi biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Tanda-tanda meningitis pada bayi, Meningitis dapat berkembang cepat sebagai respons terhadap sejumlah penyebab yang ada, biasanya itu karena infeksi bakteri atau virus, tetapi meningitis juga bisa disebabkan karena cedera fisik, kanker atau obat-obatan tertentu.

Sebuah vaksin baru untuk meningitis B yang telah disetujui untuk bayi dari usia dua bulan dan mungkin sudah tersedia sejak September 2015 lalu. Vaksin, obat yang disebut dengan Bexsero sudah tersedia di segala toko kesehatan dan medis dan juga bayi akan divaksinasi pada usia 2 bulan, dengan tindak lanjut saat bayi memasuki usia 4 bulan dan pendukung pada usia 12 bulan. Orang tua khususnya para ibu wajib kenali tanda-tanda meningitis pada bayi Sementara ini Negara Inggris adalah negara yang pertama di dunia yang menerapkan program vaksinasi untuk dapat melindungi bayi dari meningitis.

Tanda-tanda bayi yang mengalami meningitis :
  1. Suhu tubuh tinggi
  2. Kulit pucat berkeringat
  3. Kantuk dan sulit untuk dibangunkanMenolak makan
  4. Muntah
  5. Ubun-ubun tegang
  6. Tampak marah
  7. Menjerit, dan menangis dengan nada suara tinggi
  8. Tangan dan kaki dingin
  9. Ruam berwarna ungu yang tidak kunjung hilang (biasanya hanya muncul ketika bayi mengalami scepticaemia)
  10. Leher kaku dan tidak suka melihat cahaya terang


Tanda-tanda bayi yang mengalami septikemia:
  1. Demam
  2. Muntah
  3. Tangan dan kaki dingin
  4. Peningkatan sistem pernafasan
  5. Ruam

Gejala itu biasanya muncul secara acak dan tidak teratur selama 1 hingga 2 hari atau bisa dalam waktu hitungan jam dan ada kemungkinan juga muncul gejala lain selain yang sudah disebutkan. Jika para Ibu mencurigai gejala atau tanda dari meningitis yang telah diseutkan diatas, segeralah bawa bayi Anda ke rumah sakit agar mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Banyak gejala umum lainnya yang terkait dengan meningitis yang muncul ketika penyakit sudah parah. Tindakan medis secara cepat sangat dibutuhkan ketika bayi sudah positif menderita meningitis atau scepticaemia. Dengan begitu, benar-benar dapat menyelamatkan nyawa bayi Anda.

Tumbler Test

Apabila bayi memiliki ruam, gunakan tumbler test untuk dapat memeriksa septikemia pada bayi:

Tekan gelas tumbler pada ruam tersebut. Jika ruam itu tidak menghilang, kemungkinan itu adalah ruam septikemia. Jika ini terjadi, segeralah cari pertolongan medis yang tepat. Bahkan jika Ibu merasa tidak yakin dan merasa ragu atau tidak yakin betul, jangan menunggu.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan bergantung pada tingkat keparahan yang dialaminya, cepatnya pendeteksian dan kondisi tubuh pada bayi. Beberapa diantara mereka bisa diobati di rumah sakit dengan antibiotik yang kuat dan yang lain mungkin bisa langsung masuk ke tahapan kritis dan membutuhkan perawatan yang intensif. Mengetahui gejala-gejala meningitis dan membawa bayi Ibu ke dokter sesegera mungkin, itu yang penting untuk pengobatannya.