Laman

Sabtu, 06 Mei 2017

Vaksin Jadi Kunci Meningitis Berdasarkan Penelitian

Vaksin jadi kunci meningitis, Infeksi meningokokus adalah sebagai penyebab yang paling umum timbulnya meningitis bakteri di Inggris, jenis penyakit yang sangat mengancam jiwa hingga menimbulkan ancaman berlanjut di seluruh dunia. Dengan meningkatnya rasa kekhawatiran semua masyarakat seputar peningkatan bakteri resisten antibiotik, pahami mengapa strain tertentu tidak dapat merespons vaksin, padahal telah terbukti bahwa vaksin dapat membantu untuk mengurangi jumlah kematian global akibat penyakit ini.

Vaksin Jadi Kunci Meningitis Berdasarkan Penelitian

Ilmuwan Kingston University London usai menyelesaikan urutan genom untuk strain mematikan bakteri yang dapat menyebabkan meningitis dan sebuah terobosan yang menyebabkan peningkatan vaksin untuk membantu mencegah penyebaran meningitis. Sehingga vaksin jadi kunci meningitis berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Tim Kingston University London sedang berfokus pada strain meningokokus B (menB), yang secara historis telah terbukti bermasalah untuk dapat divaksinasi. Hingga vaksin jadi kunci meningitis berdasarkan penelitian. Sebagai bagian dari pekerjaan mereka untuk dapat memeriksa bagaimana bakteri dapat merespons vaksin, para peneliti sekarang sudah bisa untuk menentukan urutan DNA genom yang lengkap untuk strain tertentu yang disebut dengan L91543.

Dengan adanya terobosan tersebut dapat membuka pintu bagi pemahaman baru mengapa beberapa bakteri sulit untuk divaksinasi dan dapat membantu memperbaiki usaha untuk menargetkannya, menurut biokimia dan genetika dosen Dr Ruth Griffin, yang menerangkan rangkaian genom yang bekerja sama dengan Andrey Karlyshev yang merupakan profesor mikrobiologi.

"Dalam penelitian ini memiliki implikasi besar untuk mendapati pengobatan baru dan vaksin itu untuk meningitis yang disebabkan oleh infeksi meningococcus," jelas Dr Griff.

"Sementara itu dalam beberapa waktu tahun terakhir, ada perkembangan baru yang menarik dalam menciptakan vaksin yang menargetkan strain pria, lebih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jangkauan strain yang dapat mereka tempuh. Kami telah menjelajahi jenis yang saat ini tidak dapat dicegah dengan vaksin dan mengapa, dan pengetahuan ini akan membantu kami menafsirkan keefektifan vaksin ini dan menawarkan wawasan baru tentang bagaimana perbaikan yang dapat dilakukan. "

Sudah ada sekitar 1.500 kasus meningokokus yang dilaporkan terjadi di Inggris pada setiap tahunnya dan sampai 10% mengakibatkan kematian. Bayi dan anak-anak paling berisiko dan 15% korban  yang selamat , namun mengalami efek samping seperti kehilangan penglihatan dan pendengaran, kerusakan otak dan - dalam kasus septikemia - kehilangan anggota badan atau digit dan kerusakan organ.
  • Vaksin

Vaksin meningitis, seperti semua vaksin yang bekerja untuk mendorong tubuh dalam memproduksi antibodi sehingga dapat melawan penyakit yang benar-benar menyebabkan infeksi. Jika seseorang yang telah divaksinasi kemudian bersentuhan dengan penyakit ini, sistem kekebalan tubuh mengenalinya dan menghasilkan antibodi yang tepat untuk mengatasinya. Tapi mutasi pada strain tertentu juga dapat mencegah protein utama  yang ditargetkan oleh antibodi yang terdeteksi oleh sistem kekebalan tubuh.

Dr Griffin dan tim lainnya sekarang sudah menggunakan rangkaian DNA yang baru saja mereka selesaikan untuk dapat melakukan identifikasi asam amino, spesifik yang mana dapat mencegah protein dalam strain L91543 karena dikenali oleh vaksin tertentu.

"Untuk dapat menerapkan pengetahuan ini ke strain lain yang harus memungkinkan itu kita untuk mengklarifikasi mana yang bisa lolos dari penargetan  yang dapat membantu untuk memperbaiki perkembangan pada masa depan di bidang ini," jelas Dr Griffin.

Profesor Karlyshev mengatakan bahwa sementara laboratorium di seluruh dunia dapat menghasilkan serangkaian rangkaian genom yang berguna untuk analisis tertentu, namun ada juga daerah yang kehilangan data dimana bagian dari urutan tidak diketahui, ini ialah pencapaian tertentu untuk dapat menghasilkan urutan yang lengkap.

"Ada Kebanyakan kromosom bakteri yang melingkar dan generasi genom melingkar dengan lengkap secara teknis sangat menantang dan mahal, terutama untuk genom yang mengandung banyak daerah yang berulang," terangnya. "Namun, kami juga dapat menyelesaikan tugas dengan menggunakan pendekatan terpadu atau hibrida." Kata Dr. Griffin.

Dengan metode ini membuat tim melakukan penggabungan pada dua teknologi sekuensing yang terpisah , PacBio di The Genome Analysis Center (TGAC), sekarang disebut Earlham Institute dan Ion Torrent PGM di Kingston University London, yang terletak di Norwich, Inggris.

Hasilnya dibangun empat tahun kerja yang dilakukan oleh Dr Griffin dan timnya , termasuk dua mahasiswa PhD Ronni da Silva, yang didanai oleh pemerintah asal Brasil , yang berfokus untuk dapat mengidentifikasi target obat baru dan dapat mengevaluasi vaksin meningokokus saat ini.

Keberhasilan atas sekuensing terbaru menandai urutan genom lengkap pada kedua bakteri yang diproduksi oleh Kingston University London. Serangkaian studi genomik yang dilaksanakan oleh tim ahli mikrobiologi, yang dipimpin oleh seorang Profesor yang bernama Karlyshev, dengan menghasilkan sekuens dari strain probiotik tertentu dari fermentasi Lactobacillus , yakni bakteri yang disebut 'ramah' atau 'baik' pada tahun 2013 lalu.

Ini adalah satu dari sedikit penelitian yang ada di seluruh dunia yang dapat menghasilkan produksi sekuens genom yang lengkap dan berlawanan dengan genom konsep.