Laman

Senin, 08 Mei 2017

Resiko Tinggi Bagi Perokok tertular Meningitis

Resiko tinggi bagi perokok tertular meningitis, meningitis merupakan penyakit peradangan pada selaput yang melapisi otak ternyata tidak hanya rawan menyerang para jemaah haji. penyakit meningitis juga dapat mengakibatkan kematian. Karena, penyakit ini sangat membahayakan. Para perokok juga sangat beresiko lebih tinggi jika terkena meningitis, lho! Pasalnya, kebiasaan dalam melakukan merokok dapat menyebabkan iritasi pada daerah nasofaring, sehingga kuman akan lebih mudah untuk berkembang biak di area organ ini.

Resiko Tinggi Bagi Perokok tertular Meningitis

Penularan bakteri yang menjadi penyebab meningitis bersifat secara langsung dapat terjadi dengan melalui udara atau kontak dengan cairan pada saluran pernafasan, misalnya menggunakan gelas secara bersamaan. Selanjutnya, kuman dengan segera akan menempati daerah nasofaring, kemudian menembus pada selaput lendir. Iritasi  yang diakibatkan karena merokok juga dapat menyebabkan luka pada nasofaring, sehingga resiko tinggi bagi perokok tertular meningitis dan kekebalan tubuh akan menjadi lebih rendah dan bakteri pun akan dapat lebih mudah untuk berkembang biak.

"Hingga saat ini belum ada data yang pasti dari beberapa jumlah perokok yang terkena meningitis. Namun, Resiko tinggi bagi perokok tertular meningitis karena sudah jelas bahwa merokok dapat meningkatkan faktor risiko tinggi terkena radang selaput otak," terang Dr dr Iris Rengganis SpPD, KAI, FINASIM.

Besarnya resiko yang akan dialami oleh sesorang jika terkena meningitis hampir sama antara perokok aktif maupun pasif. Resiko tinggi bagi perokok tertular meningitis yang serupa juga telah ditemui pada seseorang yang sering sekali berbagi rokok dalam satu batang kepada perokok lainnya. "Lendir penderita dalam mulut yang mengandung bakteri atau virus meningitis di dalamnya, akan berpotensi pindah ke orang yang sehat melalui perantara pangkal rokok tersebut," tutur Iris.

Selain itu juga, kebiasaan merokok itu sendiri sama halnya perokok secara rutin memasukkan racun ke dalam tubuhnya sendiri, karena di dalam rokok mengandung berbagai macam zat kimia yang beracun. Hal ini akan berefek pada lemahnya pertahanan tubuh pada kuman, termasuk kuman yang menjadi penyebab meningitis.

Sejumlah bakteri yang dapat menyebabkan meningitis adalah Streptococcus pneumoniae dan juga Neisseria meningitidis. Sedangkan yang termasuk dari golongan virus terdapat enterovirus dan virus influenza.

Sehingga, dengan tidak merokok menjadi langkah awal untuk dapat mencegah tertularnya meningitis. "Sebisa mungkin untuk tidak merokok. Vaksin meningitis juga tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika masih tetap merokok," terang Iris.