Laman

Selasa, 15 Agustus 2017

Bahaya Cabuti Bulu Hidung Bisa Sampai ke Otak

Bahaya cabuti bulu hidung, Bulu hidung yang terkadang memanjang atau bahkan sampai keluar dari lubang hidung memang sering kali membuat risih siapa saja yang mengalami hal itu. Terlebih lagi jika dialami oleh perempuan, punya bulu hidung yang panjang hingga keluar melewati lubang hidung jika dibiarkan begitu saja tentunya akan mengganggu dan merusak penampilan.

Bahaya Cabuti Bulu Hidung Bisa Sampai ke Otak

Nah, dengan kondisi yang seperti itu tidak jarang banyak orang yang justru dengan sengaja mencabut bulu hidungnya agar tidak merasa terganggu lagi. Padahal, melakukan hal tersebut akan nada efek yang diterima, tahukah Anda jika ada bahaya cabuti bulu hidung? Lantas, apa sebenarnya fungsi dari bulu hidung bagi tubuh. Simak ulasan yang yang ada dibawah ini.

  • Fungsi bulu hidung bagi tubuh


Setiap anggota tubuh pasti masing-masing memiliki fungsi yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia, salah satunya termasuk bulu hidung. Sebelum kita mengetahui bahaya cabuti bulu hidung, terlebih dahulu ada baiknya kita mengenal apa fungsi dari bulu hidung bagi tubuh.

Silia atau biasa dikenal dengan sebutan bulu hidung merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk memberikan perlindungan ke paru-paru Anda. Saat Anda bernapas sepanjang hidup Anda, bulu hidung/silia mempunyai fungsi sebagai tempat untuk penyaringan partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam lubang hidung.

Partikel-partikel tersebut dapat berupa bakteri, jamur, debu atau hal lainnya yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga, bulu hidung juga yang prosesnya dibantu oleh lendir untuk memerangkap partikel jahat dan kuman tersebut.

Bila partikel jahat tersebut berhasil masuk ke dalam saluran pernapasan, Pastinya, anda akan bersin untuk mengeluarkan mereka. Jadi, bisa dibayangkan sendiri kalau seandainya Anda tidak memiliki bulu hidung? Selain akan lebih rentan mengalami infeksi yang terkait saluran pernapasan, pada sistem kekebalan tubuh Anda pun nantinya akan terganggu. Sehingga membuat Anda jadi lebih gampang sakit.

  • Bahaya mencabut bulu hidung


Sangat beresiko tinggi dan mendatangkan bahaya jika mencabut bulu hidung. Bulu hidung Terdiri dari vibrissae dan mikroskopik silia yang memiliki fungsi sendiri, yaitu untuk menyaring lendir yang masuk, serta berbagai kotoran yang bahaya agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan yang dapat menagakibatkan infeksi paru-paru. Menurut penelitian yang telah dilakukan, ukuran bulu hidung yang tebal kurang berhubungan dengan adanya peningkatan kejadian asma pada penderita rhinitis musiman.

Perlu kita ketahui bahwa area sekitar hidung dan mulut termasuk dalam kelompok area rawan atau disebut dengan “danger triangle”. Sebab area tersebut berhubungan langsung dengan otak. 

Di dalam area yang rawan tersebut, pembuluh darah balik atau vena akan bercampur dengan darah dari hidung serta darah yang berasal dari otak. Hingga pada akhirnya bakteri dapat masuk  dengan mudah menuju otak dengan melalui pembuluh darah balik. Jadi, bagi siapa saja yang memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung, maka dapat meningkatkan risiko terbesar yakni masuknya bakteri ke dalam otak yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat mematikan seperti meningitis dan abses otak atau penyakit lain yang berhubungan dengan otak. Meskipun infeksi yang akan terjadi kapan saja sehingga berakibatkan masuk ke dalam otak jarang sekali terjadi, namun hal itu akan lebih mungkin terjadi terutama bagi orang yang sudah memiliki sistem imun yang rendah.

Selain itu tidak hanya dapat menyebabkan infeksi pada otak, mencabut bulu hidung juga akan membuat Anda rentan mengalami mimisan karena pada saat Anda mencabut bulu hidung dengan cara paksa akan memicu perdarahan di dalam hidung.

Tips menghilangkan bulu hidung dengan cara aman
Apabila Anda ingin menghilangkan bulu hidung yang sudah panjang, Anda dapat lakukan ada dua cara yang dianggap paling aman, yaitu:

1. Trimming

Trimming merupakan salah satu teknik dalam mencukur bulu hidung dengan menggunakan alat khusus. Dengan mengikuti cara ini dapat menghilangkan bulu hidung yang memanjang beberapa senti sehingga tak tampak keluar. Jadi dapat dipastikan bahwa saat ini Anda sudah menggunakan alat cukur yang aman dan bersih dari kuman sebelum digunakan. Cara trimming ini termasuk cara yang paling cepat dan efektif mengatasi masalah bulu hidung yang sudah terlalu panjang.

2.Gunting cukur

Dengan menggunakan cara yang satu ini mungkin sudah tidak  lagi. Dengan cara menggunting sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai bulu yang tumbuh di badan. Hingga saat ini gunting menjadi cara yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan bulu hidung. Adapun alasan mengapa gunakan gunting cukur ini sebab alatnya yang mudah, murah, simple dan cenderung praktis. Disarankan bagi Anda yang ingin menggunting bulu hidung agar dengan menggunakan gunting yang ujungnya tumpul agar tidak dapat melukai permukaan bagian dalam hidung.  baca juga : umroh plus turki desember  | umroh plus turki desember 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar