Laman

Senin, 05 Maret 2018

Fakta Penyakit Meningitis Seringkali Tak Terdeteksi

Fakta Penyakit MeningitisMeningitis merupakan penyakit radang pada cairan dan selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Terjadinya penyakit ini pada umumnya diakibatkan oleh tiga yang terjadi pada meninges. Sedangkan, meninges itu sendiri merupakan nama kolektif untuk tiga membran yang selaput otak dan sumsum tulang (sistem saraf pusat), yang biasa disebut dengan dura meter, arachnoid dan piameter. Untuk fungsi utama dari meninges, di samping cairan serebrospinal ialah untuk dapat melidungi sistem saraf pusat. Di mana kata dari meningitis berasal dari kata lain yakni Meninga dan kata Yunani yang berarti  Menix atau “membrane”. Akhiran kata “itis” yang berasal dari kata Yunani yang berarti “berkaitan dengan”. Kalau dalam bahasa inggris medis, akhiran "itis" yang berarti “peradangan”.


Dalam sebuah studi fakta penyakit meningitis itu ada banyak macamnya. Sementara ini yang dilakukan oleh para peneliti di University of Oxford dan Imperial College London, Inggris, yang menunjukkan bagaimana bakteri yang dapat menyebabkan bakteri meniru sel manusia agar bisa menghindari sistem kekebalan tubuh bawaan tubuh, yakni:

A.Viral Meningitis
Meski viral meningitis itu merupakan yang paling umum, akan tetapi jarang mengakibatkan infeksi yang serius. Hal tersebut disebabkan karena adanya sejumlah virus yang berbeda, seperti virus pada nyamuk. Tidak ada pengobatan secara khusus untuk jenis meningitis. Dalam sebagian besar pada kasus yang ada penyakit ini dapat sembuh sendiri dalam waktu seminggu tanpa komplikasi. Itulah fakta penyakit meningitis.

B.Bakteri Meningitis
Meningitis bakteri pada umumnya infeksi yang cukup serius. Hal ini dikerenakan oleh tiga jenis bakteri Haemophillus Influenzae tipe b, Neisseria Meningitidis dan bakteri Streptococcus pneumonia. Meningitis yang disebakan oleh Streptococcus Penumoniae yang biasa di kenal dengan discharge dari hidung atau tenggorokan dari orang yang terkena infeksi. Sedangkan, Meningitis yang disebabkan oleh Neisseria Meningitidis biasa dikenal sebagai meningitis meningokokus.

Dua puluh tahun yang lalu HIB adalah sebagai penyebab utama meningitis bakteri. Namun, sekarang ini sudah tidak lagi, berkat dari vaksin baru yang secara rutinnya diberikan kepada anak-anak. Dokter juga harus mengatahui secara pasti apa jenis dari menginfeksi orang lain.


Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, ikut angkat bicara mengenai tentang riwayat penyakit meningitis. berikut di bawah ini adalah fakta penyakit meningitis yang harus kamu ketahui tentang penyakit meningitis.

1.Gejala Meningitis Sukar Dideteksi
Meningitis termasuk dalam penyakit yang sukar sekali dideteksi, hal tersebut karena gejalanya mirip sekali seperti flu biasa. Padahal yang terjadi pada meningitis bakteri meningitis mengalami perkembangan yang sangat cepat sekali dalam tubuh seseorang. Terjadinya keterlambatan diagnosa dini terhadap meningitis menjadi salah satu penyebab banyaknya kematian yang diakibatkan dari infeksi meningitis.

2. Infeksi Bakteri Menjadi Penyebab Meningitis
Bakteri meningkokus meruapakan salah satu bakteri meningitis. orang yang terkena infeksi bakteri meningkokus pasti akan mengalami peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Hal seperti inilah yang dapat menyebabkan kematian bila tidak segera di tangani.

3.Penderita jarang sadar jika terjangkit meningitis
Penderita meningitis pada umumnya tidak sadar jika dirinya itu sudah terjangkit meningitis, hal ini dikarenakan gejala yang dialami oleh seseorang sangat umum sekali. beberapa gejala meningitis yang timbul seperti flu, muntah-muntah, pusing, demam dan tengkuk leher kaku.

4.Diagonsa meningitis melalui sumsum tulang belakang
Untuk dapat mendiagnosa meningitis, dapat dilakukan dengan cara mengambil cairan sumsum tulang belakang, atau bisa juga dengan cara tes darah. Diagnosa yang dilakukan secara dini terhadap meningitis sangat penting sekali dilakukan agar dapat memberikan penanganan yang cepat untuk dapat meredakan perkembangan infeksinya yang juga cepat.

5.Penderita HIV/AIDS berisiko terjangkit meningitis
Orang yang menderita penyakit HIV/AIDS akan mengalami risiko yang lebih tinggi terjangkit meningitis. hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh mereka yang sangat lemah dan penularan penyakit meningitis dapat melalui udara, batuk dan bersin.

Demikianlah fakta penyakit meningitis yang dapat terjadi pada seseorang . Semoga ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit yang membahayakan  seperti meningitis ini.