Laman

Sabtu, 03 Juni 2017

Radang Tenggorokan Bisa Sampai Menigitis

Radang tenggorokan, Aktivitas yang begitu banyak dan tugas kerja yang selalu menumpuk membuat seseorang semakin kelelahan untuk menjaga kestabilan tubuhnya sehingga mereka melampiaskannya dengan makan yang berlebihan dan tidak terkontrol. Pada akhirnya semua makanan langsung dilahap tanpa dipikirkan terlebih dahulu baik atau tidak untuk dapat dikonsumsi.

Radang Tenggorokan Bisa Sampai Menigitis

Makanan yang panas, pedas, dan minuman yang dingin pun bercampur aduk saat makan sehingga sering kali seseorang mengalami sakit pada tenggorokannya yang sulit menelan, terasa gatal dan kering. Hal itu merupakan suatu gejala penyakit radang tenggorokan

Jenis penyakit seperti radang tenggorokan ini memang sering dialami oleh anak-anak dan remaja, tetapi tidak menutup kemungkinan dewasa pun dapat mengalami. Tentunya, sangat mengganggu sekali dalam menjalankan aktifitas ketika mengalami penyakit radang tenggorokan. Namun, sebelum membahas lebih dalam seputar radang tenggorokan, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa anatomi tenggorokan itu sendiri. Tenggorokan menurut medis itu terbagi menjadi dua saluran, yaitu saluran menurun.

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa gejala yang akan dirasakan ketika radang tenggorokan menyerang. Untuk gejala yang akan di timbulkan dan disarakan pada seseorang tersebut, seperti sakit tenggorokan (nyeri saat menelan), tenggorokan terasa gatal dan kering, napas bau tidak sedap, badan terasa pegal-pegal, nyeri pada otot, dan terkadang disertai dengan  flu dan batuk.

Selain itu, adapun gejala yang lainnya dari sisi gejala objektif (pemeriksaan fisik), seperti terdapat kemerahan pada tenggorokan, adanya bercak-bercak putih atau abu-abu di sekitar tonsil (amandel), kelenjar getah bening di area leher mengalami pembengkakkan.

Berikut dibawah ini adalah cara yang diberikan oleh dr.Mutia sebagai langkah pertama untuk mengobati radang tenggorokan agar virusnya yang ada tidak semakin menyebar, yaitu dengan melakukan terapi faringitis (perawatan di rumah) jika penyebabnya karena virus, hal ini sangat membantu dalam mempercepat penyembuhan:

1.Minum air putih yang banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
2.Berkumur-kumur dengan air garam hangat.
3.Caranya, sediakan 1 sdt garam. Kemudian, campurkan dengan segelas air hangat matang.
4.Istirahat yang cukup.

Semuanya akan sia-sia apabila sudah berupaya minum air putih yang banyak dan berkumur-kumur dengan air garam hangat/dengan obat antiseptik pun, namun tidak istirahat yang cukup. Hal itu justru akan berangsur sakit bahkan akan semakin parah bukan menjadikan tubuh kembali sehat/sembuh.

Istirahat yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan stamina tubuh sehingga dapat terhindar dari serangan virus yang ada. Selain dengan melakukan terapi faringitis atau perawatan di rumah, beberapa obat herbal, seperti madu dan jahe juga dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit.

"Penyakit radang tenggorokan itu termasuk dalam golongan infeksi pada saluran napas atas dengan frekuensi ulangan (serangan berulang/kambuh) yang cukup tinggi sehingga hal itu yang membuat penyakit ini tidak boleh disepelekan, apabila tenggorokan tidak diobati dengan adekuat, mengobati dengan benar, sesuai dengan syarat dan aturan yang sudah ada, akan menimbulkan gejala sisa yang berat, seperti Meningitis, demam rheumatik dan glomerulonefritis akut," jelas dr. Mutia

Meskipun sudah melakukan pengobatan di rumah (terapi faringitis) sekalipun, tetap saja harus melakukan terapi medis atau berobat dan minta obat yang sesuai dengan anjuran dokter, seperti obat antipiretik (penurun demam), analgetik (pereda nyeri), serta antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Jika dengan menjalani terapi medis sudah sesuai dengan anjuran dokter tapi masih meninggalkan gejala maka disamping itu perlu untuk melakukan tindakan operatif (melakukan operasi).

Untuk dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan sebaiknya menghindari berbagi makanan yang tidak sehat dan bergizi, minuman yang dingin dan berwarna, penggunaan peralatan makan yang kurang bersih, menghindari individu yang sedang sakit, mencuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum atau sesudah melakukan aktifitas, menerapkan pola hidup yang sehat, seperti tidak merokok dan menghindari asap rokok agar daya tahan tubuh tetap selalu optima dan fit.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi multivitamin atau makan buah-buahan yang kaya akan vitamin secara rutin juga dapat mencegah radang tenggorokan sekaligus dapat menjaga tubuh tetap sehat, segar dan terhindar dari segala penyakit yang membahayakan dan mematikan.



baca juga artikel ini:
daftar haji > daftar haji 2018 > daftar haji 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar