Laman

Sabtu, 01 Juli 2017

Bahaya Sinusitis Pada Anak Bisa Sampai Meningitis

Bahaya sinusitis pada anak, dimana sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada organ sinus. Sinus sendiri yaitu roanga udara yang terdapat di daerah wajah yang langsung terhubung dengan alat pernapasan (hidung). Peradangan yang terjadi pada sinus ini dapat menyebabkan penimbunan lender pada rongga sinus dan menjadi media bagi pertumbuhan bakteri. hal itu terjadi karena pada umumnya merupakan akibat dari meluasnya infeksi pada hidung secara paksa dapat mendorong kuman masuk pada sinus-sinus tersebut.

Bahaya Sinusitis Pada Anak Bisa Sampai Meningitis

Jangan salah kira bahwa tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Anak-anak pun dapat mengalaminya. Bahaya sinusitis pada anak yang mulai dari usia 5 tahun juga dapat terkena penyakit yang diakibatkan oleh terdapatnya virus, bakteri dan jamur dari influenza yang tak kunjung sembuh. Awalnya mungkin hanya merasakan flu biasa saja. Penyebabnya bisa beraneka macam, bisa karena infeksi virus flu, polusi udara, alergi makanan, debu dan cuaca juga komplikasi dari obat-obatan kimia atau karena kelainan septum hidung.

Sebelum bahaya sinusitis pada anak atau orang-orang di sekitar terjadi, sudah mulai terlihat tanda-tanda mengalami sinusitis tersebut, sebelumnya, untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal itu, terlebih dahulu kenali dua jenis sinusitis yang dijelaskan oleh salah seorang dokter spesialis paru pada anak yakni, Dr. Irene Melinda Louis, SpA.

“Perlu diketahui bahwa Ada dua jenis sinusitis pada anak, yaitu rinosinusitis ringan dan rinosinusitis berat. Pertama, mengenai rinosinusitis ringan, jenis ini tidak berbahaya. Akan tetapi, dapat mengganggu kualitas hidup anak,” terangnya.

Adapun yang akan dialami anak jika dirinya terkena sinusitis ringan ini adalah pernafasan pada anak pasti akan menjadi sulit, pola tidur menjadi terganggu dan tingkat nasfu makan akan menurun.

“hal ini pada akhirnya akan berdampak pada aktifitas keseharian mereka (anak-anak yang menderita sinusitis) keseharian, sinusitis juga dapat membuat anak merasakan mual dan muntah-muntah hingga dapat mengakibatkan mereka tidak nafsu makan,” papar Dr Irene.

Sedangkan untuk yang parah yakni rinosinusitis berat, bagi penderita bisa sampai mengalami meningitis atau radang otak. “tapi hal tersebut jarang sekali terjadi. Sebab, begitu merasakan tanda-tanda flu yang tak kunjung sembuh segera bawa anak untuk secepatnya diperiksakan, jangan berlarut-larut tanpa tindakan yang tepat karena koplikasi sinusitis ini dapat mengancam penderita seperti kerusakan indera penciuman, infeksi sinus parah, hingga gejala meningitis,” pungkasnya.