Laman

Jumat, 28 Juli 2017

Pilek Pada Anak Dapat Berujung Fatal

Pilek Pada Anak, Pilek seringkali menyerang pada anak-anak hingga menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya dapat menimbulkan meningitis. Karena sistem imunnya yang masih rendah sekali. Ada beberapa kasus yang terjadi bahkan dapat memicu infeksi pada tenggorokan yang berakibat fatal. Terjadinya infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA seringkali diderita oleh anak-anak. Penyakit tersebut sangat mudah sekali menyerang mereka, disebabkan oleh virus dan bakterinya mudah menyebar dengan melalui udara.

Pilek Pada Anak Dapat  Berujung Fatal

"ISPA dapat terjadi penularan dengan melalui udara yang sudah tercemar oleh virus atau bakteri, sehingga bibit penyakit pun masuk kedalam tubuh manusia melalui pernapasan, hal itu yang pada akhirnya pilek pada anak. oleh sebab itu maka penyakit ISPA ini termasuk dalam golongan Air Borne Disease," terang Spesialis Paru yakni dr. Ni Nyoman Priantini SpP.

Penyakit ISPA juga dapat ditularkan dengan melalui air ludah, bersin, darah, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang yang dalam keadaan sehat masuk ke saluran pernapasannya. Virus dan bakteri penyebar ISPA itu sendiri, sebenarnya mudah saja ditemui. Contonya pilek pada anak. Karena, beberapa penyakit yang ditimbulkan dapat memicu ISPA bila tidak ditangani dengan tepat.

"Misal Adenovirus salah satunya. Adenovirus merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit infeksi pada saluran pernapasan, pencernaan, mata dan lain sebagainya. Ada lebih dari 40 jenis adenovirus yang hingga saat ini diketahui dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan pada manusia, lebih umumnya berupa pilek. Virus ini dapat memicu gangguan pernapasan. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat berujung pada bronkitis, dan pneumonia," jelasnya.

Selain itu, ada jenis viru lainnya yakni Rhinovirus seringnya menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang masih lemah, pilek yang dianggap biasa-biasa saja dapat berubah menjadi ISPA pada tahap yang cukup serius. Hal ini yang seringkali dianggap sepele oleh para orangtua. cek juga >> biaya umroh  /   biaya umroh 2018  /  biaya umroh 2019

"Ada juga Pneumokokus dapat menyebabkan penyakit meningitis. Bakteri ini juga dapat memicu gangguan pernapasan yang lainnya jika tidak ditangani cepat hingga dapat pengobatan yang tepat, seperti halnya pneumonia. Komplikasi ISPA yang tidak ditangani dengan tepat, pastinya dapat berakibat fatal pada fungsi pernapasan anak," lanjut Priantini.