Laman

Rabu, 23 Agustus 2017

Pentingnya Mengetahui Ragam Penyebab Meningitis

Ragam penyebab Meningitis, Sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Meningitis. Karena setiap calon jemaah haji atau umrah yang akan berangkat ke tanah suci wajib melakukan suntik meningitis. karena meningitis merupakan penyakit yang cukup berbahaya, meningitis adalah radang pada selaput otak (membran) yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan itu disebut meningen. Jadi, segala pengetahuan yang mengenai dengan penyakit meningitis ini juga sangat dibutuhkan, untuk dapat mencegahnya datang ke tubuh. Salah satunya dengan menggali lebih dalam lagi hal yang mengenai meningitis. Terutama diawali dengan mengetahui penyebab datangnya meningitis.

Pentingnya Mengetahui Ragam Penyebab Meningitis

1. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri
Meningitis karena bakteri ini, dapat masuk dengan melalui bakteri yang bercampur dengan darah, yang kemudian bakteri tersebut pindah ke otak. Selain itu, bakteri menyerang pada bagian tulang belakang. Pada jenis bakteri ini yang masuk ke dalam tubuh manusia hingga dapat menyebabkan meningitis, juga dapat dipicu oleh infeksi pada telinga, sinusitis atau patahnya tulang tengkorak. Sehingga, dalam kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh, ialah hal yang bisa menjadi langkah dalam melakukan pencegahan untuk menjauhkan kita dari penyakit yang terbilang mematikan itu. Itulah salah satu ragam penyebab meningitis.

2. Meningitis yang disebabkan oleh virus
Adapun ragam penyebab meningitis lainnya yang disebabkan oleh virus. Berbeda dengan penyebab yang sebelumnya, meningitis yang disebabkan oleh virus ini pada umumnya lebih mudah ditangani dan dapat disembuhkan. Karena, gejala yang ditimbulkan dari virus yang berujung meningitis ini adalah diare, demam, sakit kepala, nyeri otot dan persendian. Namun sayang sekali, gejala inilah yang seringkali disepelehkan oleh banyak orang, sehingga membuat dalam penanganan meningitis  yang disebabkan virus cenderung lama dan lambat.

3. Meningitis kronis
Dalam hal meningitis kronis ini, yang juga merupakan ragam penyebab meningitis, dapat terjadi karena pada salah satu organisme asing yang terdapat pada tubuh, yang menyerang membrane dan cairan yang ada di sekitar otak. Hal tersebut kemudian akan memunculkan kecenderungan penderita untuk mengalami demam dan muntah-muntah. Namun gejala yang ditimbulkan tersebut terbilang sangat jarang terjadi.

4. Meningitis Toksoplasmosis HIV
Yang dimaksud dengan Toksoplasmosis adalah penyebab utama dari focus sistem saraf pusat (SSP) penyakit AIDS. Terjadinya infeksi pada selaput otak dan sistem saraf pusat toksoplasmosis pada penderita yang terkena infeksi HIV biasanya merupakan komplikasi dari fase akhir penyakit. Kondisi yang seperti ini yang sangat sulit untuk disembuhkan, karena pada sistem pertahanan tubuh pasien yang sudah terserang oleh virus HIV.  baca lanjut : travel umroh  /   travel umroh 2018  /  travel umroh 2019