Laman

Senin, 11 September 2017

Ini Bahaya Ibu Hamil Konsumsi Susu Mentah

Bahaya konsumsi susu mentah, Pada wanita hamil, sebaiknya harus selalu menjaga kesehatan dengan baik dan jangan sampai asal mengonsunsi makanan atau minuman. Ingatlah, bahwa wanita hamil sangat berbahaya jika minum susu yang mentah. Minum susu bukan hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi ibu hamil, tetapi susu juga mempunyai peranan penting dalam menyediakan zat gizi penting yang dibutuhkan oleh janin. Tapi, bagaiman dengan susu mentah, apakah aman bagi ibu hamil?

Ini Bahaya Ibu Hamil Konsumsi Susu Mentah

Susu mentah merupakan susu dari sapi, kambing, domba atau binatang perah lainnya yang belum diproses atau dipateurisasi. Yang dimakasud dengan pasteurisasi yaitu sebuah proses pemanasan yang berkisar dari suhu 70-75 derajat celcius menunggu selama beberapa detik agar dapat membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit di dalam susu. Banyak bahaya konsumsi susu mentah bagi ibu hamil.

Banyak orang yang beranggapan bahwa susu mentah yang langsung dikonsumsi dari hewan perah dapat mempertahankan nutrisi penting yang hilang pada saat proses pasteurisasi. Selain itu, ada juga yang mengatakan bila susu mentah lebih mudah dicerna dan dapat membantu mambangun kekebalan tubuh secara alami. Padahal bahaya konsumsi susu mentah sangat mengancam keselamatan pada seseorang, terutama ibu hamil.

Meski seperti itu, para ahli sudah memperingatkan bahwa susu mentah itu sangat berpotensi mengandung bakteri. Susu mentah dapat membawa bakteri yang cukup berbahaya dan kuman lainnya yang dapat membuat Anda lebih rentan mengalami diare terus menerus, kram pada perut, dan bahkan muntah-muntah. Pada kasus yang jarang terjadi seperi, konsumsi susu mentah juga dapat mengganggu ginjal, menimbulkan kelumpuhan bahkan hingga kematian.

Pada Lembaga pengawasan makanan di Amerika Serikat (FSA atau The Food Standards Agency) sudah memperingatkan akan bahaya mengonsumsi susu yang belum diolah. Dalam sebuah studi lain dalam penelitiannya juga telah mengklaim bahwa konsumsi susu mentah dapat membuat orang 100 kali lebih mungkin mengalami sakit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi.

Pada ibu hamil jelas tidak boleh. Sangat tidak aman bagi ibu hamil untuk minum susu mentah yang belum diolah atau tidak dipasteurisasi. Oleh sebab itu, ibu hamil lebh dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu yang sejenis ini dan juga produk makanan yang terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi.

Perlu diketahui bahwa tidak hanya wanita hamil saja, menurut dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat dan Departemen Pertanian Amerika Serikat, bayi dan anak-anak sangat tidak disarankan untuk dapat mengonsumsi susu mentah yang belum dipasteurisasi karena sangat berisiko tinggi jika terkena penyakit serius yang dapat mengancam jiwa.

Menurut dari penjelasan American Academy of Pediatrics juga mengatakan bila ibu hamil yang minum susu mentah akan berisiko lebih tinggi terkenanya infeksi Toksoplasmosis. Toksoplasmosis ialah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Bila parasit itu menyerang pada ibu hamil, maka si ibu tersebut akan lebih rentan mengalami masalah keguguran, kelahiran mati, atau toksoplasmosis kongenital yang dapat menimbulkan kerusakan pada otak, gangguan pendengaran (tuli) dan gangguan penglihatan pada bayi pada saat atau beberapa bulan atau tahun setelah bayi dilahirkan. dapatkan informasi seputar >> paket umroh  [  paket umroh 2018  ]  paket umroh 2019

Pada susu mentah yang dikonsumsi namun tidak dipasteurisasi juga dapat membawa mikroba penyebab penyakit. Contohnya listeria monocytogenes sebagai penyebab infeksi bakteri yang disebut dengan Listeriosis. Meskipun listeriosis relatif jarang terjadi pada seseorang, namun infeksi ini sangat mematikan bagi ibu hamil. Karena, infeksi ini dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan mati atau keguguran serta kelahiran dalam keadaan prematur. Sedangkan dua per tiga bayi yang terinfeksi listeriosis dari ibunya sangat mungkin akan mengalami sepsis, pneumonia dan meningitis. Penyakit-penyakit tersebut sangat membahayakan dan mematikan.