Laman

Kamis, 28 September 2017

Penyebab Utama Penyakit Meningitis Menyerang

Penyebab utama meningitis, Secara alaminya, otak kita sudah dirancang dngan sistem pertahanan yang sangat kuat, agar dapat mencegah masuknya benda asing yang memiliki potensi merusak otak. Pertahanan alami tersebut dinamakan dengan blood-brain barrier (BBB). Segala suatu zat yang bersifat toksin dapat dicegah agar tidak lolos menembusnya, namun tidak demikian dengan molekul reaktif radikal bebbas. Radikal bebas sangat cerdik dan lincah dalam menembus BBB sehingga mampu menembus kekacauan pada otak. Otak juga merupakan sebagai pusat kendali tubuh manusia. Dimana organ tubuh manusia ini sangat penting sekali. Oleh sebab itulah, otak harus dijaga dengan baik agar tidak mengalami penyakit yang tidak di inginkan. Namun terdapat penyakit yang memungkinkan membuat kinerja otak menjadi menurun.

Penyebab Utama Penyakit Meningitis Menyerang

Meningitis adalah sebuah penyakit yang disebabkan adanya pembengkakan atau peradangan pada bagian selaput pelindung saraf otak dan tulang belakang. Penyakit ini juga masuk dalam kategori penyakit yang sangat berat dan membahayakan serta dapat menghilangkan nyawa seseorang. Nah untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab utama meningitis sehingga dapat menyerang pada siapa saja.

Sebelum kita lebih lanjut mengetahui penyebab utama meningitis, terlebih dahulu kita membahas mengenai jenis penyakit meningitis ini. Dimana penyakit ini terdapat menjadi dua jenis. meningitis bakterialis yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama ‘neisseria meningitidis atau streptococcus pneumonia’. Bakteri memiliki sifat menyebar dengan melalui jarak yang dekat. Jenis meningitis yang pertama ini diaggap membutuhkan pengobatan dan perawatan yang serius. Hal tersebut tentu saja untuk dapat menghindari kerusakan atau keluhan tubuh dan otak yang dapat berkibatkan pada kematian.

Sedangkan, untuk jenis meningitis yang kedua adalah meningitis viral. Dimana meningitis ini akan mengakibatkan gejala yang cukup serius seperti panas, demam dan kejang-kejang yang terus berkepanjangan. Meningitis ini juga dapat disebut dengan meningitis birus, dimana disebabkan oleh virus. Masih sama dengan jenis meningitis yang pertama, penyakit ini dapat menular, melainkan dengan melalui batuk, bersin dan juga lingkungan yang tidak bersih. Tentunya faktor penyebab penyakit meningitis ini perlu diketahui lebih detail lagi.

sebenarnya penyakit meningitis ini dapat menyerang oleh siapa saja, tanpa melihat umur. Namun terdapat beberapa kategori bagi mereka yang lebih rentan terkena penyakit meningitis ini. Salah satunya itu adalah seseorang yang memiliki patologi lain, cacat dural, penderita penyakit diabetes, pecandu narkoba dan pengguna narkotika dengan menggunakan jarum suntik, serta orang yang terkena infeksi bakteri endocarditis.


Mengingat bahwa penyakit meningitis ini dapat menular, tentu saja perlu untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit meningitis. salah satunya itu adalah menjaga kebersihan dan menghindari berbagai peralatan dengan penderita meningitis serta mengkonsumsi antibiotik. Untuk tindakan pencegahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Anda juga dapat memilih vaksin meningitis untuk mencegahnya. Diantaranya yaitu vaksin meningokokus polysakarida dan vaksin meningokokus konjungat. Pada jenis vaksin yang pertama itu dapat diberikan pada usia berapapun dengan perlindungan terhadap penyakit tersebut mencapai 95 persen untuk jangka waktu 3 hingga 5 tahun.

Penyakit meningitis ini juga dapat di tandai kemunculannya. Dimana seseorang yang terserang akan merasakan sakit kepala dan demam yang berkepanjangan. Tidak hanya itu saja, pada bagian tengkuk atau leher juga akan terasa kaku dan berat. Selain itu juga, bagi penderita meningitis akan memiliki pobia terhadap cahaya yang terang dan suara yang keras. Penderita juga mengalami muntah-muntah dan sulit untuk bangun dari tidurnya, serta merasa kebingungan pada saat kondisi sadar.

Jadi, penyebab utama penyakit meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri, virus jamur, parasite dan organisme tertentu yaitu haemophilus influenza dan listeria monoctygeneses, staphylococcuc aureus dan mycobacterium tebervulosisi yang menyerang pada seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah. kunjungi travel umroh  /   travel umroh 2018  /  travel umroh 2019 resmi terpercaya.

Dimana pola makan yang juga tidak teratur dan kurang menjaga waktu istirahat. Pada kondisi tersebutlah virus atau bakteri meningitis dengan mudahnya menyerang seseorang yang sistem imunnya rendah. Nah oleh sebab itu, penyebab penyakit meningitis yang perlu di katahui oleh kita semua, dimana untuk menghindari penyakit meningitis.