Laman

Senin, 02 Oktober 2017

Resep Atasi Meningitis Dengan Rebusan Simplisia

Resep atasi meningitis, Penyakit meningitis dapat menyerang siapa saja, tanpa melihat usia. Tapi yang paling rentang terserang penyakit ini adalah pada bayi maupun balita bahkan orang tua. Orang-orang yang mengidap penyakit diabetes, rokok atau narkotika jenis suntikan, pecandu alkohol, hingga mereka yang sempat menjalankan prosedur anastesi tulang belakang, juga rentan terserang penyakit meningitis. Penyakit ini hanya mendapatkan dua kemungkinan saja, kalaupun penderita hidup dan dapat melewati masa meningitis yang menyerangnya, ia akan mengalami kecacatan atau si penderita akan mengalami kematian.

Resep Atasi Meningitis Dengan Rebusan Simplisia

Meningitis yaitu suatu kondisi yang menyebabkan lapisan yang ada di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Penyakit ini dapat menyerang bagi mereka yang hanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Meningitis juga dikenal dengan radang selaput otak. Selain dengan imunisasi untuk dapat mencegah penyakit ini. Adapun resep atasi meningitis dengan rebusan Simplisia.

Meningitis banyak disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari berbagai jenis virus, bakteri dan jamur. Kondisi yang seperti ini juga dapat menular dan berpindah dengan mudah melalui hubungan langsung, bersin dan batu. Kalau menurut dari salah seorang herbalis dr Erna Cipta Fahmi menurutnya, bahwa dari kebun kita, ada resep atasi meningitis dengan menggunakan ramuan simplisia kering yang direbus.

Pada campuran rebusan simplisia didalamnya terdiri dari sambiloto, adas, temulawak, biji pinang, pegagan, kulit manggis, daun dewa dan mahkota dewa. Berikur dibawah ini adalah resep lebih lengkapnya lagi:

  • Bahan-bahan:

10 gram Sambiloto
5 gram Adas
10 gram Temulawak
10 gram biji pinang
10 gram daun pegagan
10 gram kulit manggis
10 gram daun dewa
10 gram mahkota dewa
800 mililiter Air

  • Bahan Pelengkap:

Gula aren secukupnya saja

  • Cara membuat:

1.Terlebih dahulu, cucilah semua bahan dibawah air yang mengalir (keran air) hingga bersih, lalu tiriskan dan tuangkan ke dalam panci, tutup rapat.
2.Rebus campuran bahan yang diatas dengan api kecil selama 1 jam, angkat dan saring.
3.Tambahkan ramuan simplisia dengan menggunakan gula aren, lalu aduk rata. Minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas saja.