Laman

Rabu, 25 Oktober 2017

10 Cara Cegah Anak Dari Penyakit Meningitis

Cegah anak meningitis, Meningitis ialah penyakit radang pada membran pelindung yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuannya itu biasa disebut dengan meningen. Radang tersebut terjadi disebabkan oleh infeksi karena virus, bakteri atau juga mikroorganisme lain dan meski jarang dapat disebabkan juga oleh obat-obatan tertentu. Penyakit meningitis dapat menyebabkan kematian pada seseorang, meskipun dikatakan sembuh total namun tetap akan nada efek dari penyakit tersebut yaitu kecacatan. sehingga kondisi seperti ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis. 

10 Cara Cegah Anak Dari Penyakit Meningitis

Gejala umum yang ditimbulkan dari penyakit meningitis adalah sakit kepala hebat dan kaku pada leher yang disertai dengan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah-muntah dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia). Sedangkan untuk anak-anak biasanya itu menunjukkan gejala nonspesifik, seperti mengantuk, rewel, dan menangis. Selain itu, terdapat ruam merah dapat memberikan petunjuk penyebab dari meningitis. Banyak cara cegah anak meningitis agar tidak tertular.

Bakteri dan virus sebagai penyebab timbulnya penyakit meningitis. Penyebarannya itu sangat cepat sekali, baik saat berada di asrama, kelas, rumah maupun di luar rumah. Anak-anak dapat mencegahnya dengan tidak pinjam meminjam barang pribadi atau tidak menyentuh bibir atau menggigit kuku, cara cegah anak meningitis. Penyakit meningitis menyebabkan radang otak dan sumsum tulang belakang. Kami akan berbagi tips cara mencegah buah hati Anda dari penyakit meningitis:

1.Vaksinasi
Ada berbagai macam jenis vaksin. Untuk anak-anak biasanya itu mendapatkan suntikan vaksin konjugasi meningkokus pada usia 11 atau 12 tahun. Sebab perlindungan memudar dengan seiring berjalannya waktu, remaja Anda membutuhkan booster pada usia 16 tahun. Tanyakan kepada dokter, apakah anak Anda membutuhkan perlindungan tambahan dari vaksin meningkokus B, yang didapatkan antara 16-18 tahun.

2.Mencuci Tangan
Kuman meningitis dapat menyebar dengan melalui udara dan barang yang telah disentuh orang yang telah terkena infeksi meningitis. kemudian kuman tersebut dapat menempel di tangan dan berakhir di hidung atau mulut. Jadi, sebelum atau sesudah memegang sesuatu segera cuci tangan yang bersih.

3.Jangan Berbagi
Berbagi kepada sesama itu yang selalu diajarkan oleh orangtua kita. Namun, untuk berbagi peralatan secara bersama seperti gelas, piring, garpu/sendok atau sikat gigi itu termasuk ide buruk. Cara seperti itu akan mudah terkena infeksi.

4.Bersih-bersih
Bakteri yang menyebabkan meningitis tidak akan tinggal lama di permukaan, sedangkan virus dapat bertahan untuk sementara waktu. Jadi rajinlah untuk bersih-bersih di rumah, Lap permukaan dengan menggunakan desinfektan untuk dapat membunuh kuman.

5.Bersin di lengan atau tisu
Setiap kali orang yang telah terinfeksi batuk atau bersin, pasti akan mengirimkan tetesan bakteri meningitis atau virus lainnya ke udara. Siapa saja yang berada di jalur kuman yang terbang ini dapat terinfeksi. Jadi, apabila Anda bersin atau batuk ke lengan baju, tisu atau kain kecil (selampe).

6.Tanyakan Antibiotik
Antibiotik dapat mencegah bakteri meningitis. Tanyakan pada dokter karena pemberian antibiotik harus sesuai dengan anjurannya. Obat tidak akan bisa bekerja untuk virus meningitis.

7.Makan-makanan Sehat
Konsumsilah makanan yang bergizi dan kaya vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari penyakit.

8.Istirahat yang cukup
Bagi Anak yang kurang tidur akan membuat tubuhnya lebih sulit melawan kuman. Anak butuh 8 sampai 9 jam untuk tidur semalam agar tubuh bugar.

9.Hindari Tembakau dan Alkohol
Ajarkan anak-anak Anda untuk menjauh dari hal yang buruk ini. karena jika tidak, salah satu efeknya adalah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka. Berada di sekitar lingkungan yang terdapat asap rokok dapat meningkatkan kemungkinan anak Anda terkena meningitis dan menyebar ke orang lain. Penggunaan alkohol terutama minuman keras juga dapat membuat anak lebih mungkin terkena meningitis dan infeksi yang lainnya.

10.Jauhkan tangan dari wajah
Mata, hidung, dan mulut merupakan pintu masuk yang sangat mudah bagi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan meningitis. beritahu kepada Anak Anda ntuk menjauhkan tangannya dari wajah. Selain itu, untuk tidak menggigit kuku, menggosokkan matanya atau memegang hidungnya.