Laman

Kamis, 26 Oktober 2017

Infeksi Strep A Bisa Sampai ke Meningitis

Infeksi Strep A, Bakteri sangalah berbahaya, streptococcus (strep) masuk dalam kategori jenis bakteri gram positif. Jenis bakteri ini terdapat di berbagai permukaan lingkungan sehingga sangat mudah sekali menyerang siapa saja. selain itu juga, bakteri Stretococcus ini memiliki berbagai macam jenis dan cara untuk dapat menginfeksikan manusia. Infeksi ini dapat terjadi dimulai dari sentuhan, luka terbuka, udara dan cairan tubuh, bahkan sampai saat proses melahirkan penularan pun dapat terjadi.

Infeksi Strap A Bisa Sampai ke Meningitis

Dari berbagai sumber yang telah terangkum salah satunya adalah ulasan dokter Tania Savitri menagatakan, bahwa infeksi bakteri Streptococcus juga dapat terjadi di berbagai organ tubuh, baik itu terdapat dari sistem saluran pernapasan dan pencernaan hingga pada sistem pembuluh darah juga jantung. Infeksi strep A dapat kearah penyakit yang lebih membahayakan lagi. “Pada infeksi Streptococcus itu sendiri dapat dibagi menjadi grup A, B, C dan G. masing-masing grup memiliki ciri-ciri tersendiri yang berkaitan dengan kemampuan menyebabkan infeksi,” ucapnya.

Untuk infeksi bakteri Streptococcus grup A (Strep A) atau infeksi strep A banyak sekali ditemukan pada bagaian permukaaan kulit, di dalam tenggorokan dan berbagai rongga tubuh. Termasuk dengan rongga kelamin dan telinga. Infeksi strep A dapat terjadi kapan dan siapa saja, terutama infeksi ini menyerang pada orang dewasa dan anak-anak.

Strep A dapat menyebar dengan melalui partikel air pada saat orang yang terkena infeksi strep batuk atau bersin. Bakteri ini juga dapat bertahan hidup di permukaan benda-benda tertentu sehingga dapat menular melalui sentuhan saja. Infeksi strep A sifatnya itu masih ringan ataupun invasif. Sifat infeksi yang masih ringan diantaranya adalah:

Radang amandel atau tenggorokan yang ditandai dengan rasa sakit ketika menelan dan pembengkakan pada kelenjar. Infeksi kulit impetigo ditandai dengan adanya rasa perih dan benjolan yang berisi cairan (blister) pada bagian yang luar kulit.

Selulitis, adalah infeksi yang terjadi pada kulit bagian dalam yang ditandai dengan adanya pembengkakan kulit yang berwarna merah disertai dengan rasa sakit dan sensasi panas. Infeksi selulitis dapat berpindah dan menyebar ke kulit bagian atas.

Sinusitis merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada rongga kecil di sekitar dahi dan tulang pipi sehingga dapat menyebabkan hidung tersumbat serta rasa nyeri pada bagian wajah. Infeksi telinga terutama terjadi pada rongga udara hingga telinga bagian dalam. Scarlet Fever yakni infeksi bakteri yang dapat menimbulkan ruam dan rasa kasar pada permukaan kulit.

Pada intinya, bahwa Strap A itu mudah terjadi kapan saja ketika seseorang sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Infeksi minor dari strep A juga dapat dengan mudah untuk disembuhkan tanpa adanya komplikasi dan efek jangka panjang. Meski begitu, pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah seperti pada bayi, lansia, orang dengan diabetes maupun pasien kanker dan HIV, maka akan lebih memungkinkan terjadi infeksi strep A invasif yang jauh lebih serius. Misalnya saja seperti penyakit-penyakit berikut ini.

Pneumonia adalah infeksi paru yang memiliki tanda batuk tak kunjung sembuh, sesak napas dan nyeri pada dada. Sepsis adalah infeksi yang terjadi pada peredaran darah yang dapat menyebabkan gangguan kerja jantung, napas yang memburu dan demam.

Meningitis yaitu infeksi yang terjadi akibat bakteri streptococcus yang telah mencapai ke selaput otak dan sumsum tulang belakang. Dimana penyakit ini ditimbulkan dengan muntah-muntah, sakit kepala, ruma dan leher kaku. Toxic shock syndrome (TSS), yakni dengan munculnya gejala syok seperti pusing, diare, pingsan dan mual akibat kuman strep A yang mengeluarkan racun pada aliran darah.

Necrotizing fasciitis ialah infeksi yang terjadi pada kulit bagian dan area yang berdekatan dengan otot (fascia) yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri, bengkak dan kemerahan. Infeksi ini juga dapat menyebar dengan cepat. 

Infeksi strep invasif merupakan penyakit yang cukup serius sehingga perlu ada penanganan yang tepat. Pada saat keadaan yang cukup serius ini, satu dari empat orang yang mengalami strep A invasif dapat mengalami kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar