Laman

Selasa, 17 Oktober 2017

Kebiasaan Ngupil Bisa Akibatkan Meningitis

Ngupil Bisa meningitis, Pada tahun di 2016 lalu, pernah terjadi kasus Mahmudi usia 38 tahun yang berasal dari Kabupaten Pali, yang mengalami penyakit di bagian hidung dan mulutnya. Awalnya itu bermula dari kegiatan ngupil dan mencabut-cabut bulu hidung. Sehingga, awal mulanya dia mengalami pilek hebat, kemudian lama-kelamaan keluar darah dan nanah dari dalam lubang hidungnya itu. Seorang dokter kesehatan ahli THT yakni Dr Erich Voigt dari New York menjelaskan, bahwa menurut dari sisi kesehatan penyebabnya itu bemula dari keganasan bakteri yang bernama Staphylococcus Aureus. Dimana bakteri ini sebenarnya berada di luar hidung masih di sekitar hidung yang hidup seperti radikal bebas. Namun, tidak dapat masuk karena ketahanan daya tubuh kita dan bulu hidung yang memang berfungsi untuk menghambat masuknya bakteri.

Kebiasaan Ngupil Bisa Akibatkan Meningitis

Namun, saat seseorang sedang ngupil sekaligus mencabut bulu hidung, maka akan mudahnya terjadi abrasi di sekitar hidung, dan dari abrasi inilah yang sebenarnya disebabkan oleh Staphylococcus Aureus, yang masuk secara bersamaan kita ngupil. Jika saat itu tangan kita dalam keadaan kotor atau sedang tidak tidak berada di sekitar tempat yang kotor, maka bakteri yang lain pun akan mengikuti Staphylococcus aureus. Ngupil bisa meningitis dan lainnya, itulah akibatnya.

Dengan begitu, sama saja membuka peluang untuk penyakit lainnya seperti kulit yang menyebabkan nanah dan koreng di dalam lubang hidung. Perlu juga untuk diketahui bahwa luka yang diakibatkan bakteri tersebut sulit untuk disembuhkan karena pada areal hidung memang selalu lembab. Dikhawatirkan bakteri yang masuk karena ngupil bisa meningitis.

Hidung memiliki kepekaaan tersendiri terhadap rangsangan yang diperoleh dari luar, sehingga mudah teriritasi oleh bahan-bahan yang dapat memicu seperti bahan kimia, bau-bauan, polusi udara, atau zat uang dapat memicu alergi yang lainnya. Oleh sebab itu, jangan kebiasaan ngupil karena ngupil bisa meningitis, kanker pathogen dan akibat teringan sering ngupil adalah pilek biasa. saat hidung sudah teriritasi maka akan timbul rasa gatal, bersin-bersin dan bahkan mengarah kea rah gejala flu dan penyakit aneh seperti yang dialami oleh Mahmudi, yang sudah sampai terkena kanker.

Seperti yang telah diungkapkan oleh dr Zamir yang didampingi Hasbiallah Yusup dari Puskesmas Talang Ubi yang datang memeriksa kondisi Mahmudi pada saat itu menyebutkan, bahwa penyakit yang diderita Mahmudi diduga kuat akibat kanker.

Sementara itu, dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pali dr Eni Zatila MKM mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk memberikan fasilitas perobatan Mahmudi.

Ada bahaya ringan dan bahaya berat yang akan dialami oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan ngupil, adalah sebagai berikut dibawah ini:

1.Mudah terkena Pilek, seseorang yang memiliki kebiasaan ngupil akan mudah terserang virus. Terutama virus flu yang mudah tertular dengan melalui udara dan banyak cara lainnya. salah satunya itu dapat ditularkan oleh diri sendiri melalui tangan yang kotor. Bila terkena infeksi flu, biasanya akan berlanjut sampai ke gatal-gal pada hidung, radang tenggorokan, bersin-bersin dan pada akhirnya terserang flu-pilek. Penyebabnya dari tangan yang tidak bersih (tidak higienis) dapat menjadi medium infeksi pada rongga hidung.

2.Bulu atau rambut hidung rontok, rambut silia pada hidung yang berfungsi untuk menyaring debu, bakteri dan virus pathogen, serta benda-benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung. Tanapa adanya silia semua jenis penyakit pathogen yang menyebar dengan melalui udara dapat masuk dengan leluasa ke dalam tubuh. Masuknya jari saat ngupil ke rongga hidung akan berisiko bisa merontokkan silia tersebut. hal itu sangat berbahaya. Tanpa adanya silia sebagai filter alami maka virus dan bakteri dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh.

3.Koreng atau infeksi hingga kanker, penyakit ini yang tadi dialami oleh Mahmudi. Bermula dari kebiasaannya ngupil dan mencabut bulu hidung. Sehingga mengalami pilek hebat, namun lama kelamaan hidungnya mengeluarkan darah dan nanah.

4.Meningitis, hati-hati pada saat ngupil, karena bila terlalu dalam mengorek akan menyentuh sinus sampai pada bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Di dalamnya terdapat tulang yang disebut dengan sebagai tulang ethmoid yang memisahkan hidung dan otak. Jika pada saat ngupil tidak dilakukan dengan hati-hati, maka akan menusuk tulang ini. akibatnya cairan pada otak akan bocor dan dapat menyebabkan penyakit meningitis, yaitu radang selaput pelindung sistem syaraf pusat.

5.Kematian, jika kebiasaan ngupil sudah terlalu sering dan menjadi sebuah hobi, ada satu akibat besar yang akan diperoleh seseorang tersebut yakni kematian. Karena sudah terlalu meradangnya sakit yang diderita oleh seseorang tersebut sehingga tidak dapat tertolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar