Laman

Jumat, 13 Oktober 2017

Waspadai Berbagai Penyakit Jamaah Seperti Meningitis

Waspadai berbagai penyakit, Arab Saudi adalah sebuah Negara Arab di Asia Barat yang mencakup hampir ke seluruh wilayah semenanjung Arabia. Dengan memiliki luas wilayah kira-kira 2.150.000 kilometer persegi (830.000 sq mi), Arab Saudi secara geografis merupakan Negara terbesar urutan kelima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair. Negara ini juga bebatasan dengan Yordania dan Irak ke utara, Kuwait ke timur laut, Qatar, Bahrain dan Uni Emirat Arab ke timur, Oman ke tenggara dan Yaman ke selatan. Dan terpisah dengan Israel dan Mesir oleh teluk Aqaba. Satu-satunya Negara yang memiliki dua pesisir penting yakni Laut Merah dan Teluk Persia dan sebagian besar wilayah Arab Saudi adalah gurun pasir.

Waspadai Berbagai Penyakit Jamaah Seperti Meningitis

Arab Saudi terkenal sebagai Negara tempat kelahiran Nabi Muhammad serta tumbuh dan berkembangannya agama Islam. Semua merupakan hasil dari perjuangan Nabi Muhammad beserta para sahabatnya. Negara ini juga menjadi tujuan utama umat Islam dalam menunaikan ibadah haji di Tanah suci dari berbagai penjuru dunia. Saat ibadah haji atau umrah wasapai berbagai penyakit yang menyerang, termasuk meningitis.

Selain terkenal sebagai kota tertua dan tempat untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Arab Saudi juga terkenal dengan Negara yang cukup panas pada musim panas. Dalam Kondisi Arab Saudi jauh berbeda dengan kondisi yang ada di tanah air. Dimana pada musim panas bisa mencapai 40-50 derajat celcius. Sehingga, jamaah harus waspadai berbagai penyakit yang menyerang, terutama meningitis hal itu yang dapat memberikan pengaruh kondisi kesehatan jamaah haji maupun umrah. 

1.Heat Stroke
Sengatan panas atau heat stoke merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh bisa saja mencapai lebih dari 40 derajat celcius atau lebih yang dapat disebabkan oleh kenaikan suhu lingkungan atau aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Serangan ini biasanya sering sekali terjadi ketika musim haji berlangsung yang bertepatan dengan musim panas di Arab Saudi.

Agar dapat menghindari dari sengatan panas saat ibadah, diantaranya adalah Posisi tidak berada di terik matahari langsung antara pukul 10.00 – 16.00, bila keluar pada siang hari sebaiknya menggunakan payung dan membawa minum, usahakan banyak minum, setidaknya 5 sampai 6 liter, Tidak menahan buang air besar atau kecil, Menjaga kesehatan tubuh dengan cukup istirahat dan tidur, Pakailah pakaian yang longgar (tidak ketat) sehingga mudah bergerak dan Makanlah makanan yang bergizi dan penuh dengan vitamin.

2.Meningitis
Meningitis adalah radang selaput otak yang terjadi pada siapa saja yang ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, leher kaku, nyeri otot, mual, muntah dan berbagai gejala lainnya. peradangan ini terjadi pada penderita meningitis yang dimulai secara tiba-tiba atau dapat berkembang secara bertahap.

Pemicu sehingga timbulnya penyakit ini adalah menurunnya daya tahan tubuh pada seseorang, berada pada daerah yang cukup padat, banyaknya jamaah dari berbagai Negara, serta adanya kontak langsung dengan penderita meningitis melalui  batuk, bersin, air liur, debu dan udara.

Untuk dapat mencegah penyakit meningitis ini, jamaah haji maupun umrah wajib melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke Arab Saudi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, hindari tempat-tempat yang terlalu padat, lakukan segera pengobatan propilaksis dengan sulfadiazine atau rifampicin.

3.Penyakit Lainnya
Pada saat menjalankan ibadah haji atau umrah, tidak jarang penyakit yang timbul, seperti Influenza, Radang tenggorokan, Radang cabang tenggorokan (bronchitis), Radang paru-paru (pneumonia), Disentri, Kolera, Typus dan masih banyak penyakit lainnya. semua penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh virus, bakteri, amuba dan lainnya yang tertular melalui udara, batuk, bersin dan menggunakan barang secara bersama-sama.