Laman

Senin, 06 November 2017

Gigitan Anjing Bisa Sampai Ke Meningitis

Gigitan ke meningitis, Anjing merupakan hewan yang umum dipelihara oleh orang banyak. Tapi tidak untuk orang yang beragama Islam, karena Anjing adalah hewan yang dilarang oleh Allah SWT untuk dipelihara apalagi dipegang. Namun, hewan ini memliki kepandaian dan kesetiaannya membuat orang menyukai hewan ini. apalagi banyak sekali jenis dan ukurannya. Selain itu, hewan ini juga memiliki naluri pemangsa. Mereka merupakan keturunan predator yang dilengkapi dengan kemampuannya untuk menyerang. Maka dengan begitu, hewan tersebut bisa saja menyerang tiba-tiba dan menggigit.

Gigitan Anjing Bisa Sampai Ke Meningitis

Digigit anjing ialah kejadian yang sering kali terjadi, dan anak-anak yang biasanya menjadi korban gigitannya itu. Seperti kebanyakan jenis gigitan hewan, gigitan anjing ini biasanya masih dapat diobati dengan cara sederhana pengobatan dirumah untuk mencegah agar virus dan bakteri dari anjing tidak dapat menular. Karena pada dasarnya air liur hewan mengandung jutaan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, salah satunya infeksi meningitis. Jadi dari gigitan ke meningitis.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui pola gigitan anjing. Karena bisa saja terjadi dari gigitan ke meningitis. Gigi anjing pada bagian depan biasanya digunakan untuk menangkap korban, sedangkan pada gigi yang lainnya untuk menarik kulit disekitarnya saat mereka sudah mulai menggigit. Dari hasil gigitannya itu dapat menjadi lubang pada kulit seperti luka tusukan, yang dibuat oleh gigi depan anjing dan adanya luka pada bagian kulit yang tergores. Selain itu, bila korbannya itu terjadi pada anak-anak, anjing menyerang pada area leher dan wajah, terutama bibir, pipi dan hidung. 

Sedangkan pada orang dewasa umumnya lebih menggigit pada bagian tubuh seperti bagian tangan, kaki dan lengan. Jika tidak segera diobati dikhawatirkan infeksi. Jangan sampai menjadi timbul penyakit meningitis atau jenis penyait lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Jika Anda atau orang lain yang Anda kenal terkena gigitan anjing, maka harus lakukan langkah-langkah berikut untuk dapat mengatasinya:

1.Segera melakukan pembersihan pada luka yang sehabis digigit. Dengan cara, bilas dengan air hangat selama beberapa menit saja dengan kain bersih atau bola kapas.

2.Bila gigitan belum sampai berdarah, pegang luka akibat gigitan dengan lembut agar dapat mengeluarkan darah, yang nantinya akan berfungsi untuk mencegah bakteri yang masuk kedalam luka.

3.Berikan obat yang dapat meredakan rasa sakit seperti parecetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan pemebengkakkan pada bagian yang didigigit.

4.Setelah itu, oleskan salep antibiotik pada luka gigitan . lalu keringkan sebentar, kemudian bungkus dengan meggunakan perban dan kain kasa bersih.

5.Karena gigitan anjing dapat berisiko tinggi yakni infeksi. National Health Service juga memberikan rekomendasi untuk meminta bantuan medis, setelah Anda tergigit oleh anjing tersebut.

Jika Anda berpikir bahwa seekor anjing akan menggigit Anda, sebaiknya jangan lari, tapi harus tetap tenang. Kalau bisa, cobalah untuk mendapatkan sesuatu yang biasanya itu batu antara Anda dan anjing. Posisi tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki dan dilindungi muka dengan tangan sambil membuat tinju yang mengarah pada anjing. 

Jangan sampai melihat langsung mata anjing, karena ini adakn ditafsirkan sebagai tanda bahwa Anda itu akan menyerangnya, maka dari itu tataplah ke bawah atau ke sisi lain anjing. Dengan posisi tubuh kita tetap berdiri diam, anjing dengan sendirinya akan kehilangan minta untuk menggigit dan Anda dapat mundur secara perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar