Laman

Senin, 04 Desember 2017

Bakteri Meningitis Terkandung di Pompa ASI Kotor

Bakteri MeningitisKebersihan merupakan suatu hal yang memang harus selalu dijaga pada saat akan memompa ASI dan mencuci alat pompa ASI. Pompa ASI menjadi alat perang utama untuk mama perah yang harus beraktivitas di luar rumah. Sebagai seorang ibu masih bisa untuk memberikan ASI kepada anaknya meskipun tidak dapat menyusi secara langsung dan bayi tetap mendapatkan nutrisi yang terbaik. Dalam aktivitas memompa ASI juga menjadi suatu yang selalu dilakukan oleh para ibu yang bekerja saat berada di kantor, demi untuk memenuhi akan kebutuhan gizi pada bayi di rumah. Namun, hal yang seringkali terbaikan oleh para mama perah saat akan memompa adalah melakukan pembersihan pada pompa ASI secara maksimal.

Bakteri Meningitis Terkandung di Pompa ASI Kotor

Hal yang paling utama dan harus selalu terjaga saat memompa dan mencuci itu adalah Kebersihan. Pasalnya, dengan begitu kesehatan pada bayi juga akan menjadi taruhannya. Tidak membersihkan pompa ASI dengan baik dan bersih, risikonya pun akan sangat besar, penyakit berbahaya dapat mengintai si kecil, seperti bakteri meningitis. Salah satunya itu adalah infeksi yang disebabkan oleh cronobacter. Dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan  radang selaput otak dan usu pada bayi Anda. Hal itu telah diungkapkan oleh tim dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS).

Seorang petugas meningitis dari CDC yakni Anna Bowen mengatakan, bahwa keterkaitan yang sangat erat sekali antara kebersihan alat pompa ASI dengan kesahatan bayi. Terutama pada bayi yang terlahir dalam keadaan yang prematur, itu sangat berisiko akan terkenanya bakteri meningitis yang menyerang.

Oleh karena itu, sangat penting sekali dalam memastikan kebersihan pada alat pompa. Dibawah ini merupakan tahap-tahap yang tidak boleh dilewatkan begitu saja pada saat membersihkan pompa ASI, yakni:

1.Sebelum menyentuh peralatan makan bayi lakukanlah cuci tangan yang bersih dan menggunakan tissue yang disinfektan.

2.Terlebih dahulu lepaskan bagian-bagian pada alat pompa ASI, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Jangan sampai meletakkan alat pompa ASI di dalam wastafel.

3.Cuci seluruh alat pompa dengan menggunakan campuran sabun dan air yang telah dipanaskan di dalam baskom.

4.Bilaslah alat pompa ASI di baskom yang berbeda.

5.Lalu keringkanlah alat pompa ASI, baskom dan peralatan yang lainnya dengan meletakkannya di tempat yang bersih. Jangan digosokkan pada handuk karena akan menyebabkan penyebaran bakteri.

6.Simpanlah alat pompa ASI di tempat yang bersih dan terlindungi setelah memang benar-benar kering.