Laman

Selasa, 05 Desember 2017

Waspadai Meningitis Saat Liburan Akhir Tahun Ini

Waspadai Meningitis – Anda memiliki rencana untuk liburan akhir tahun ke luar negeri? Atau mungkin saja ingin ibadah umrah bersama keluarga? Apabila Anda telah membuat rencana dan telah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari pembelian tiket, booking hotel ataupun lokasi wisata mana saja yang akan dikunjungi, jika Anda merasa telah bebas dari segala tugas yang selalu menumpuk, maka Anda perlu berfikir sejenak. Seperti halnya beribadah umrah yang dapat menenangkan hati dan ditambah dengan tour ke tempat-tempat wisata yang ada di Timur Tengah, seperti Turki, Qatar, Dubai atau lainnya. dengan begitu, Anda juga perlu mewaspadai ada resiko penyakit selama dalam perjalanan kesana. Pada hakikatnya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Waspadai Meningitis Saat Liburan Akhir Tahun Ini

Kini sudah banyak macam penyakit yang bertebaran dengan beraneka macam nama dan jenisnya. Apalagi saat berkunjung ke luar negeri. Seperti yang telah kita kenal sebelumnya, bahwa ada penyakit flu burung, flu babi dan meningitis. Sebab, jenis penyakit itu semua sangat berbahaya bagi siapa saja, baik pada anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Nah, waspadai meningitis dan penyakit lainnya. Namun, saat ini yang perlu ditekankan adalah meningitis.

Waspadai meningitis saat Anda liburan ke luar negeri. Sebab meningitis adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Meningitis yang merupakan penyakit selaput radang otak yang paling banyak mewabah di negara-nagara Afrika. Untuk dapat memberikan penanganan dini terkait dengan serangan penyakit meningitis, Anda patut mengetahui beberapa gejala yang seringkali dialami oleh penderita meningitis, yakni:

1.Demam tinggi
2.Sakit kepala
3.Kejang
4.Muntah
5.Mata sensitive pada cahaya
6.Telinga sensitive pada suara keras
7.Leher kaku

Apabila Anda telah selesai berpergian ke luar negeri dan mengalami beberapa gejala yang diatas, maka saran terbaiknya itu adalah segeralah periksakan ke dokter. Bahaya dari resiko meningitis yang tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat dapat meninmbulkan tuli yang permanen dan bahaya kesehatan lainnya atau bahkan dapat kehilangan nyawa.

Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit meningitis saat berpergian ke luar negeri, yakni:

A.Melakukan vaksinasi
Dengan melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum berangkat akan membantu Anda mencegah dari penyakit bahaya tersebut. Dan satu langkah lebih maju untuk menghindarkan Anda dari terserang penyakit meningitis dan lainnya.

B.Bawalah peralatan makan dan minum sendiri
Meningitis itu pada umumnya lebih sering menularkan dengan malalui bersin, dahak ataupun air liur orang lain yang sudah terkena. Oleh sebab itu, jika Anda berpergian ke daerah atau negara yang terena wabah meningitis, maka usahakanlah agar membawa peralatan makan dan minum sendiri, yang mana dengan begitu aka lebih aman daripada Anda menggunakan peralatan makan yang sudah pernah dipakai oleh orang lain.

C.Mencari Info Wabah
Saat Anda akan mengunjungi ke suatu daerah, maka Anda juga perlu untu mencari informasi mengenai wabah meningitis di daerah tersebut. misalnya saja seperti ini, jika Anda berencana melakukan perjalanan umrah atau haji, maka Anda wajib untuk mengetahui informasi mengenai meningitis di Makkah dan Madinah, jika memang beresiko tinggi Anda dapat melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum keberangkatan dan berkonsultasi dengan pemilik tour & travel tempat Anda melakukan pendaftaran haji maupun umrah, apakah aman untuk terus melakukan perjalanan kesana atau tidak.

Sementara itu, Anda perlu menjaga kesehatan jasmani dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Jangan sampai lupa untuk selalu menyempatkan diri Anda untuk melakukan olahraga agar resiko tertularnya penyakit menjadi minim karena daya tahan tubuh Anda akan manjadi lebih baik lagi.