Laman

Selasa, 09 Januari 2018

Gejala Meningitis Kronis Infeksi Pada Otak

Gejala Meningitis KronisGejala meningitis pada umumnya jenis gangguan yang terjadi pada lokasi kepala lainnya. Gejala awal muncul dari sakit kepala. Meningitis kronis merupakan infeksi yang terjadi pada bagian selaput otak atau biasa dikena dengan menigen, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada lokasi tersebut dan berlangsung dalam waktuf relatif lama, bisa satu bulan bahkan lebih. Penyakit ini biasanya kebanyakan lebih sering terjadi pada orang-orang yang tertentu saja, dalam sistem kekebalan tubuh yang sedang mengalami gangguan. Misalnya saja disebabkan penyakit AIDS, kanker atau jenis penyakit berat yang lainnya dan penggunaan obat-obatan tertentu dalam waktu yang lama. Misalnya, jenis obat anti kanker dan prednison.

Gejala Meningitis Kronis Infeksi Pada Otak

Pada beberapa jenis organisme yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi akan terus tumbuh di dalam otak dan dapat menyebabkan masalah pada lokasi tersebut. sehingga, infeksi yang terjadi pada otak secara bertahap kemudian akan dapat menyebabkan berbagai gejala dan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada lokasi yang terkena. Penyebab gejala meningitis kronis yang paling seringkali terjadi itu karena adanya infeksi oleh Jamur Cryptococcus. Salain itu, dapat juga diakibatkan oleh virus penyebab penyakit AIDS dan virus Sitomegalo.

Sedangkan, untuk jenis bakteri yang menyebabkan jenis penyakit tertentu, misalnya saja seperti TBC/Tubelkulosis, penyakit Lyme dan sifilis. Kemudian, dapat menyebabkan terjadinya meningitis. adapun beberapa jenis lainnya yang sifatnya non-infeksius, misalnya seperti sarkoidosis serta beberapa jenis kanker juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada lokasi meningen yang akan berakibat dengan munculnya gejala meningitis kronis hingga ke penyakit meningitis kronisnya pada penderita.

Perkembangan jenis penyakit meningitis kronis ini terjadi secara bertahap dan lebih lambat bila dibandingkan dengan jenis meningitis bakterialis. Perkembangan pada jenis meningitis kronis ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu. Dimana gejala meningitis kronis ini disertai dengan adanya demam, akan tetapi tidak terlalu berat seperti pada gejala meningitis bakterialis. Sedangkan, gejala lain pada umumnya adalah sakit kepala, kebingungan (linglung/sering lupa), nyeri pada punggung dan kelainan saraf.

Penyebab meningitis non infeksius ini pada umumnya kebanyakan terjadi pada penderita penyakit leukemia dan limfoma, yang kemudian kanker terus menyebar dan masuk ke dalam meningen sehingga menyebabkan terjadinya infeksi. Penggunaan jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada meningen yang akan berujung pada meningitis kronis. Misalnya saja pada jenis obat yang dipakai untuk mengatasi penyakit kanker, obat anti peradangan non steroid (ibuprofen) dan juga dapat disebabkan karena  jenis obat yang digunakan pada saat terjadi pencangkokan organ tubuh.

Adapun beberapa penyebab meningitis kronis lainnya yakni :

1.Peyebab infeksius
•akibat dari infeksi virus, misalnya disebabkan oleh penyakit herpes, polio, cacar air, AIDS, gondongan dan penyakit lainnya yang memang disebabkan oleh infeksi virus.
•Terjadi setelah penyakit karena infeksi virus mereda dan kemudian terjadi meningitis, misalnya disebabkan oleh penyakit cacar air atau campak jerman (campak hanya 3 hari) dan campak.
•Terjadi akibat bakteri, misalnya ketika seseorang menderita jenis penyakit TBC, sifilis, cacar kucing dan penyakit lainnya yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

2.Penyebab bukan disebabkan infeksi
•Karena seorang penderita penyakit pada lokasi otak, misalnya saja disebabkan oleh kanker otak atau tumor otak, sarkodosis, leukemia dan penyakit lainnya.
•Akibat terjadinya keracunan, pada umumnya biasanya karena keracunan timah hitam.
•Efek yang diakibatkan oleh pemakaian obat yang disuntikkan ke dalam lokasi kolumna spinalis, misalnya pada saat menjalankan kemoterapi dengan obat anti kanker, pemakaian antibiotik dan yang lainnya serta disebabkan oleh efek jenis obat-obatan tertentu.

Sementara itu, pengobatan meningitis kronis tergantung oleh penyebabnya. Kalau pada infeksi jamur sulit sekali untuk disembuhkan, terkadang obat anti-jamur tertentu dapat disuntikkan langsung ke dalam cairan serebrospinal dengan melalui reservoir Ommaya, yakni sebuah alat yang dipasangkan di bawah kulit kepala dan alat ini juga mengandung obat dalam jumlah yang cukup besar. Setelah itu, alat tersebut akan dilepaskan secara perlahan dalam waktu beberapa hari atau minggu dengan melalui saluran kecil ke dalam otak.