Laman

Senin, 15 Mei 2017

Dengan Cuci Tangan Dapat Cegah Meningitis

Dengan cuci tangan dapat cegah meningitis, melakukan kebiasaan mencuci tangan tidak hanya dapat mencegah kita dari sakit, tetapi juga dapat mengurangi risiko menulari orang lain. Jika tidak melakukan cuci tangan dengan baik dan benar, dapat berinfeksi kepada orang lain dengan kuman yang berada di tangan kita. Salah satu penyakit yang dapat di timbulkan akibat tidak cuci tangan adalah Meningitis. Penyakit tersebut sangat membahayakan, hingga berakibatkan kematian. Meningitis adalah penyakit yang disebabkan karena  adanya penularan infeksi/virus. penyakit ini patut untuk diwaspadai dan tidak boleh dianggap ringan. 

Dengan Cuci Tangan Dapat Cegah Meningitis

Jika seseorang mendapat infeksi, sistem kekebalan tubuh akan bekerja untuk melakukan perlawanan. Tubuh mempunyai pertahanan alami terhadap infeksi. Oleh karena itu, terkadang kita sudah merasa lebih baik , saat dimana sistem kekebalan tubuh sedang berfungs dengan baik. Tetapi ada kalanya, dimana bakteri atau virus tersebut dapat masuk dan menyerang pada sistem pertahanan tubuh kita. Pada awalnya bakteri yang berkembang biak di saluran pencernaan  kemudian menyebar luas ke seluruh tubuh hingga menimbulkan atau menyebabkan meningitis. Oleh karena itu, diberitahukan bahwa dengan cuci tangan dapat cegah meningitis.

Bakteri atau virus yang dapat menyebabkan meningitis akan menyebar melalui batuk, bersin-bersin, air liur, atau berbagi peralatan makan lainnya, sikat gigi atau rokok. Resiko ini dapat berakibatkan lebih tinggi bila kita diamkan begitu saja atau masih berada dalam satu lingkungan kantor misalnya dengan orang yang memiliki penyakit meningitis. Langkah awal bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan cuci tangan dapat cegah meningitis.

Dan salah satu cara untuk dapat menghindari resiko masuknya bakteri ini yaitu dengan melakukan cuci tangan. Cuci tangan mungkin akan dianggap hal yang ringan bahkan sepele. Tapi dapat meluangkan waktu sekitar 20 - 30 detik untuk selalu membersihkan tangan kita, memiliki dampak yang sangat besar untuk menjaga kesehatan.

Dengan melakukan kebiasaan cuci tangan juga dapat menjadi pintu pencegah awal masuknya bakteri atau virus penyebab meningitis. Bakteri dan kuman dapat masuk kedalam tubuh dengan melalui sel kulit, sehingga  biasakanlah untuk mencuci tangan sesering mungkin. Terutama dapat dilakukan sebelum atau sesudah makan, menengok yang sakit, memgang kotoran dan lainnya. Usahakan juga bilas tangan dengan menggunakan air yang mengalir.

Dan beberapa hal yang musti diperhatikan saat kita mencuci tangan yaitu :

Cuci pada bagian depan dan belakang tangan , serta antara jari-jari dan di bawah kuku Keringkan tangan dengan tissue atau handuk bersih.  Matikan keran menggunakan tissue sehingga  tangan tidak kembali  kotor. Bila menggunakan kamar mandi umum saat dalam perjalanan, gunakan tissue  untuk membuka atau menutup pintu.

Selain cuci tangan, adapun beberapa hal yang wajib di perhatikan untuk menghindari resiko penyakit meningitis ini, antara lain: 

Menghindari berbagi makanan, minuman, sedotan yang masih dalam satu wadah dan tutup mulut ketika hendak batuk atau bersin.