Laman

Sabtu, 26 Agustus 2017

Lawan Meningitis Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Lawan meningitis, Banyak yang belum juga mengetahui apa itu meningitis. Meningitis adalah gejala peradangan yang telah menyelimuti pada lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang juga menimbulkan eksudasi yang berupa pus atau serosa yang disebabkan kerena adanya virus dan bakteri. Adapun penyebab lainnya yakni mikroorganisme, kanker, luka fisik, jamur, obat-obatan tertentu yang konsumsi oleh pasien dan parasit yang menyebar kedalam darah dan melebur ke cairan otak. Selain itu, penyakit meningitis juga masuk dalam kategori sebagai penyakit yang cukup serius yang harus segera mendapatkan penanganan, mengingat bahwa letak pada penyakit ini berada dekat dengan otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada gerakan, pikiran dan bahkan bisa berujung pada kematian.

Lawan Meningitis Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Oleh sebab itu, bagi pasien yang telah di diagnosa menderita meningitis dianjurkan agar melakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi untuk dapat lawan meningitis lebih cepat, baik meningitis yang dideritanya disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur. Hal ini juga sangat diperlukan untuk melakukan tindakan yang lebih lanjut lagi untuk pengobatan, karena pada masing-masing penyakit meningitis akan mendapatkan therapy yang sesuai dengan penyebabnya.

Meningitis atau radang pada selaput otak ini masuk dalam kategori penyakit yang menular. Penularan itu dapat disebabkan dengan melalui kontak langsung antara satu orang ke orang lain. Karenanya, penyakit meningitis harus segera di atasi dan di obati. Ternyata, selain dengan cara melakukan vaksin, diketahui juga ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk lawan meningitis. Berikut dibawah ini ulasannya, seperti:

Asam Lemak Omega-3
Bagi penderita meningitis sebaiknya makan-makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 karena dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis, selain dari itu juga, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega-3 yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh ganda sangat penting sekali untuk otak dan berfungsi untuk mengurangi peradangan

Asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada beberapa jenis makanan seperti pada ikan (tuna, halibut dan salmon) yang memiliki kandungan asam lemak esssensial. 

Sedangkan, untuk beberpa jenis makanan lainnya yang juga memiliki kandunga asam lemak omega-3 ini dapat Anda temukan di biji rami, kedelai, walnut, biji labu dan minyak yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan.

Probiotik
Yang mengandung probiotik salah satunya itu terdapat pada Yougurt. Karena dapat membantu mengurangi masalah pencernaan yang seringkali terjadi pada mereka yang memiliki penyakit meningitis

Adapun probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu dalam melawan infeksi meningitis. probiotik mengandung strain bakteri alami sehat yang terdapat dalam perut Anda.

Selain dari yougurt, adapun makanan jenis lainnya yang mengandung probiotik yaitu terdapat pada susu dan keju. Tempe merupakan produk kedelai yang mengandung bakteri sehat dan miso efektif lainnya juga merupakan sumber probiotik.


Fitokimia 
Enstrogen tanaman atau fitokimia seperti genistein, hal itu dapat menghambat dalam aktivitas kimia yang masih berhubungan dengan penyakit meningitis, menurut dari Life Extension Fondation. Genistein adalah isoflavon dan fitoestrogen yang bisa mengurangi keparahan gejala dan dapat memainkan peran dalam melakukan pencegahan meningitis. Genistein dapat Anda temukan pada kedelai dan makanan yang dibuat dengan menggunakan kedelai. Makanan yang diolah dari kacang kedelai dan sebagai sumber genistein yang efektif seperti susu kedelai, tempe, tahu dan miso.

Vitamin C
Makanan yang kaya akan vitamin C dapat melindungi Anda terhadap komplikasi serius, jika Anda tidak terjangkit meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Sifat antioksidan dan vitamin pada makanan yang kaya akan kandungan vitamin C juga dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang akan berusaha untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga, Vitamin C juga dapat membantu kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan mengobati penyakit meningitis karena bakteri. Sumber makanan yang efektif mengandung vitamin C selain pada buah jeruk, dapat juga ditemukan pada tomat, paprika merah mentah, strawberry, brokoli, cantaloupe dan kiwi. baca juga : biaya umroh  /   biaya umroh 2018  /  biaya umroh 2019

Kunci utamanya untuk dapat melawan penyakit meningitis adalah kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kekbalan tubuh yang baik, maka virus ataupun bakteri tidak akan membuat Anda sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar