Laman

Sabtu, 23 September 2017

Cukup 3 Gejala Khas Meningitis Pada Bayi

Gejala khas meningitis, Meningitis yaitu penyakit radang selaput otak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Penyakit meningitis ini dapat menyerang siapa saja, baik pada bayi, anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Namun, yang paling sering ditemukan pada kasus penyakit ini adalah dialami oleh bayi. Terutama bayi yang baru lahir. Karena bayi yang baru lahir sangat rentan terkena virus dan bakteri akibat daya tahan tubuh yang belum kuat. Menurut dari Dr. dr. Dwi Putro, Sp, A(K), M. Med., seorang dokter spesialis anak dan konsultan saraf anak di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, semakin muda usia bayi, maka risiko infeksi yang menyebar pada saraf pusat otaknya akan terus semakin tinggi.

Cukup 3 Gejala Khas Meningitis Pada Bayi

Meningitis merupakan penyakit yang cukup membahayakan dan dapat menular. Meningitis juga terbagi menjadi 2 macam, yakni meningitis bakteralis dan meningitis virus. Menurut dari beberapa catatan yang ada bahwa meningitis bakterialis itu disebabkan oleh beberapa bakteri seperti pneumococcal, meningococcal, Haemophilus influenza B (HiB), Group B Streptococcal (GBS), E. Coli dan Listeria. Sedangkan untuk penyakit meningitis virus itu disebabkan oleh virus yang dapat menyebar dengan melalui udara yang tidak higienis. Adapun 3 gejala khas meningitis.

Dr Dwi memaparkan, bahwa pada keadaan yang tertentu, misalnya terdapat pasien yang berada dalam kondisi daya tahan tubuh yang tidak baik lalu terkena infeksi pada bagian tubuhnya, seperti infeksi pada sinus, telinga dan luka, infeksi itu dapat terus menyebar hingga ke selaput otak dan memiliki gejala khas meningitis.

Jelasnya lagi, bahwa ada 3 gejala khas meningitis yang menjadi tanda Si Kecil terserang meningitis. dimana ketiga gejala tersebut adalah demam, kejang dan penurunan kesadaran. Selain dari 3 gejala khas itu, adapun beberapa tanda lainnya yang dicirikanseperti menolak makanan, nada meningitis tinggi, sealu mengantuk dan sulit untuk dibangunkan, nafasnya terasa berat, tangan dan kakinya pun terasa dingin, serta kulitnya itu ada noda, pucat dan agak kebiruan.