Laman

Jumat, 26 Januari 2018

Efek Penyakit Meningitis Terhadap Penderitanya

Efek penyakit meningitisPenyakit ini begitu mengemuka, disebabkan udah banyak kasus yang mengalami penyakit ini meninggal dunia akibat infeksi telah menjalar dengan cepat dan keterlambatan pemeriksaan. Meningitis, itulah nama penyakit tersebut yang dapat menghilangkan nyawa seseorang. Data meningitis di seluruh Indonesia hingga belum ada yang tepat sebab kasus ini sringkali disangka sebagai penyakit atau infeksi lain. Kalau dilihat dari tingkat fatalnya penyakit ini patut diwaspadai dan tidak boleh dianggap ringan atau disepelehkan. Menurut dari data yang berasal dari rumah sakit rujukan nasional (RSCM) pada beberapa tahun yang lalu jumlah bayi penderita meningitis ada 18 jiwa dari total 3289 kelahiran. Sejak tahun 2002 merupakan suatu kewajban bagi mereka yang ingin melaksanakan ibadah haji maupun umrah terlebih dahulu menerima vaksinasi meningitis. 

akibat penyakit meningitis, dampak penyakit meningitis pada anak, efek dari penyakit meningitis, efek samping penyakit meningitis, efek penyakit meningitis

Meningitis adalah sebuah penyakit akibat terjadinya peradangan pada lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang. Dimana penyakit tersebut disebabkan oleh adanya bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya. Penyakit meningitis juga dapat dikategorikan sebagai penyakit yang cukup serius dan harus segera mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini biasanya ada efek penyakit meningitis yang ditimbulkan, karena apabila si penderita penyakit ini sudah masuk pada tahap stadium lanjut, maka akan sulit untuk dapat disembuhkan.

penyakit Meningitis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang benar-benar serius seperti terjadinya kerusakan pada otak, gangguan pada pendengaran, gangguan pada memori, hingga berujung pada kematian. Dan sepertinya masih banyak dari masyarakat kita yang ternyata kurang memahami secara mendalam, apa efek penyakit meningitis?

kita mencoba untuk merangkum terkait dengan efek penyakit meningitis, siapa pun orangnya kemungkinan besar dapat terserang penyakit ini, baik laki-laki, perempuan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan orangtua. Pada penderita meningitis pastinya akan mengalami gejala penyakit ini beserta dengan efeknya.

Adapun usia-usia tertentu yang dapat  terkena Meningitis seperti Bayi atau balita dan anak-anak adalah usia yang paling rentan terkena penyakit meningitis, sudah lebih dari 50% dari semua kasus Meningitis yang terjadi pada kelompok kategori usia ini. Remaja, antara usia 15 - 19 tahun ini yang dinilai rentan membawa bakteri Meningitis. Usia dewasa dan tua pun juga beresiko terkena penyakit meningitis.

Meningitis dapat menyerang dalam waktu kapan dan dimana saja, terlepas dari kondisi kesehatan, jenis kelamin  dan ras. Orang yang sudah berusia diatas 55 tahun juga berisiko terkena penyakit meningitis karena seiring dengan bertambahnya usia jadi otomatis sistem kekebalan tubuh pun semakin berkurang dan melemah.

Gejala dan efek penyakit meningitis secara umum orang yang menderita penyakit meningitis akan merasakan seperti dibawah ini :
1.Demam tinggi, kaki dan tangan akan terasa dingin.
2.Tidak nafsu makan, seseorang akan menolak asupan makanan yang diberikan atau muntah seketika jika memakan sesuatu.
3.Nyeri otot, otot-otot pada tubuh terasa pegal dan terasa nyeri.
4.Mengantuk, penderita meningitis perasaan bawaannya selalu mengantuk dan kurang responsive pada sesuatu yang ada dihadapannya.
5.Sesak nafas, Ritme nafas pastinya akan lebih cepat, tidak seperti biasanya ketika sehat.
6.Kulit pucat dan timbul jerawat.
7.Ruam pada kulit, bagi penderita meningitis akan menimbulkan ruam yang tidak dapat memudar walaupun ditekan pada bagian tubuh seperti bercak merah.
8.Badan menjadi tegang dan akan terasa kaku
9.Fotofobia pada cahaya, penderita meningitis akan tidak menyukai cahaya sehingga cahaya yang masuk pada mata terlihat lebih silau dari biasanya.
10.Dapat mengalami kejang-kejang dan mudah marah.