Laman

Kamis, 18 Mei 2017

Banyak Kasus Meningitis Hingga Risiko Meninggal Dunia

Banyak kasus meningitis, Tanda paling awam yang dimunculkan adalah demam tinggi secara tiba-tiba, dan sakit kepala yang dahsyat hingga bikin meringis. Penyakit yang memiliki resiko tinggi dan juga mematikan ini dikenal dengan nama meningitis. Indonesia sudah dikejutkan beberapa penderita yang terkena dengan penyakit bahaya itu. Salah satunya ialah Olga Syahputra, salah satu komedian yang namanya melambung tinggi di dunia entertaiment yang pernah dipunyai negeri ini. Dia sering mengalami suhu tubuh yang tidak teratur, sehingga membuatnya sering demam tinggi dan kelelahan. Selain itu juga sering diserang sakit kepala yang maha dahsyat yang membuatnya nangis histeris. Setelah kabar kematiannya mulai berhembus, barulah muncul sebuah nama penyakit yang mematikan itu yang disebut-sebut menjadi penyebab kepergian komedian tersebut. Namanya meningitis.

Banyak Kasus Meningitis Hingga Risiko Meninggal Dunia

Bagi sebagian orang Indonesia, penyakit ini sangat asing sekali di telinga mereka. Ketimbang dngan penyakit demam berdarah atau jenis penyakit tropis lainnya, meningitis memang tidak begitu populer di sini. Tapi, yang merupakan jenis penyakit infeksi, meningitis merupakan satu di antara penyakit infeksi saraf yang paling mematikan dan sering menjadi ancaman bagi negeri maju maupun berkembang, seperti Indonesia ini. Banyak kasus meningitis hingga risiko kematian.

Ada sekitar 1,2 juta kasus meningitis bakteri yang terjadi pada setiap tahunnya di dunia, dengan tingkat kematian yang sudah mencapai 135.000 jiwa. Artinya banyak kasus meningitis hingga risiko kematian. Wabah meningitis terbesar dalam sejarah duniayang tercatat oleh WHO terjadi pada tahun 1996–1997 yang menyebabkan lebih dari 250.000 kasus dan 25.000 kematian. Epidemi terparah juga pernah menimpa Negara Afrika bagian Sahara dan sekitarnya selama satu abad lamanya. Angkanya itu sampai 100 hingga 800 kasus pada 100 ribu orang.

Di Indonesia itu sendiri, menurut data yang dimiliki Kementerian Kesehatan Indonesia, pada tahun 2010 lalu, jumlah kasus meningitis yang dialami oleh laki-laki sudah mencapai 12.010 pasien, sedangkan pada wanita kurang lebih ada sekitar 7.371 pasien, dan dilaporkan pasien yang meninggal dunia sejumlah 1.025.

Di RSUD Dr. Soetomo pada tahun 2010 terdapat 40 pasien yang telah di diagnosis meningitis. Dengan sebanyak 60 persen laki-laki dan 40 persen wanita. Dari angka tersebut, dilaporkan ada 7 pasien yang meninggal dunia. Pada tahun 2011, juga dilaporkan ada 36 pasien yang didiagnosis meningitis. Sekitar 67 persen pasien laki-laki dan sekitar 33 persen wanita. Sebelas di antaranya itu meninggal dunia. 

Jelas, dari angka-angka itu dapat menunjukkan bahwa penyebaran pasien yang di diagnosis meningitis pada tiap tahunnya hampir merata. Melihat adanya risiko kematian yang seringkali belum bisa terprediksi dengan pasti yang menunjukkan betapa kritikalnya penanganan yang dibutuhkan oleh pasien bersama penyakit ini.